Kamis 28 Mar 2024 13:51 WIB

Polresta Sleman Cek Tiga Jalur Utama dan Alternatif Bagi Pemudik

Polresta Sleman mengantisipasi lonjakan arus mudik maupun balik Lebaran. 

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pemudik bersiap menaiki bus di Terminal Jombor, Sleman.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
(ILUSTRASI) Pemudik bersiap menaiki bus di Terminal Jombor, Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengecek kesiapan jalur utama untuk arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2024. Satlantas juga memastikan kesiapan jalur alternatif.

Wakil Kepala Satlantas Polresta Sleman AKP Arfita Dewi mengatakan, ada tiga jalur utama bagi pemudik di wilayah Kabupaten Sleman. “Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik maupun arus balik, jalur utama yang dipersiapkan yaitu Prambanan-Tempel,” kata dia di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga

Jalur Prambanan-Tempel mencakup jalur Prambanan, simpang tiga Maguwo, simpang tiga UPN, Condongcatur, Kentungan, Monjali, Jombor, Denggung, sampai dengan Tempel.

Jalur utama lainnya, Prambanan-Purworejo. Mencakup Prambanan, simpang empat Maguwo, simpang empat Ring Road, simpang empat Jombor, simpang empat Demak Ijo, Pelem Gurih, dan Jalan Wates.

“Jalan utama berikutnya, yaitu Prambanan menuju kota (Yogyakarta), yaitu dari arah Prambanan menuju Jalan Solo, simpang tiga Maguwo, simpang tiga Janti, simpang tiga UIN, sampai dengan batas Kota Yogyakarta,” kata Arfita.

Selain jalur utama, Satlantas Polresta Sleman juga mengecek kesiapan jalur alternatif bagi pemudik. Seperti jalur alternatif utama Tempel menuju Solo. “Yaitu Tempel, Jalan Magelang, Ring Road Utara, kemudian Jalan Solo,” ujar dia.

Arfita menjelaskan, jalur alternatif Tempel menuju Solo melewati wilayah Tempel ke kiri, simpang empat Turi, simpang tiga Pulowatu, simpang tiga Pakem, simpang tiga Pokoh, Ngemplak, Banjarharjo, Kalasan, Proliman, Prambanan, dan menuju Solo. 

Adapun yang menuju Wates akan diarahkan menuju Tempel ke kanan, simpang tiga Gendol, Balangan, Minggir, Gedongan, Moyudan, Klangon, Jalan Wates. 

Menurut Arfita, tim Satlantas sudah melakukan pengecekan terakhir untuk jalur pemudik ini. “Alhamdulillah, untuk ruas jalan relatif aman, hanya ada beberapa lubang yang belum  diperbaiki. Namun, tidak menjadi permasalahan yang besar karena tidak ada proyek pembangunan jalan atau jembatan yang belum selesai di Lebaran,” kata dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement