Jumat 05 Apr 2024 23:49 WIB

Fasilitas Kesehatan di Bantul dan Yogyakarta Disiagakan Selama Libur Lebaran

Puskesmas dan rumah sakit akan tetap memberikan pelayanan saat libur Lebaran.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Rumah sakit.
Foto: Yusuf Assidiq
(ILUSTRASI) Rumah sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyiagakan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) selama masa libur Lebaran Idul Fitri 2024. Baik puskesmas maupun rumah sakit di Bantul diminta tetap memberikan pelayanan saat libur Lebaran.

Kepala Dinkes Kabupaten Bantul Agus Tri Widyantara mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh fasyankes untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Baik fasyankes yang dikelola pemerintah maupun swasta.

Baca Juga

“Kami instruksikan seluruh fasilitas layanan kesehatan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan medis untuk mengantisipasi hal-hal terkait dengan masalah kesehatan,” kata Agus di Bantul, Kamis (4/4/2024).

Petugas kesehatan di Kabupaten Bantul juga disebut akan disiagakan dengan sistem pengaturan tugas jaga sesuai kebutuhan. Dengan begitu, selama masa libur Lebaran pelayanan kesehatan di Bantul tetap berjalan.

Fasyankes di wilayah Kota Yogyakarta juga diminta tetap siaga memberikan pelayanan saat libur Lebaran. Termasuk dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan, yang jumlahnya diperkirakan meningkat saat libur Lebaran.

“Puskesmas akan siap terus selama libur Lebaran. Rumah sakit juga pasti 24 jam siap,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement