Kamis 11 Apr 2024 05:00 WIB

Libur Lebaran, Ditargetkan 60 Ribu Wisatawan Kunjungi Objek Wisata di Temanggung

Di Kabupaten Temanggung setidaknya terdapat 25 objek wisata.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Wisatawan beraktivitas di objek wisata alam Sigandul View, kawasan lereng Gunung Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA/Anis Efizudin
(ILUSTRASI) Wisatawan beraktivitas di objek wisata alam Sigandul View, kawasan lereng Gunung Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah, meminta pengelola objek wisata bersiap menyambut wisatawan selama libur Lebaran 2024. Langkah-langkah antisipasi disiapkan menghadapi kemungkinan peningkatan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana berharap kunjungan wisatawan pada libur Lebaran ini meningkat dibandingkan masa liburan awal tahun baru lalu. Pada libur awal tahun baru dilaporkan sekitar 45 ribu wisatawan mengunjungi objek wisata di Kabupaten Temanggung.

Baca Juga

Adapun pada momen libur Lebaran kali ini ditargetkan bisa mencapai 50 ribu hingga 60 ribu wisatawan. Hendra mengatakan, setidaknya ada 25 objek wisata di Kabupaten Temanggung. Sejumlah objek wisata biasanya menjadi favorit wisatawan, antara lain objek wisata air Pikatan Water Park, wisata alam Posong, dan Sigandul View.

Hendra mengatakan, dinasnya sudah berkoordinasi dengan para pengelola objek wisata dalam rangka menyambut wisatawan, serta menyiapkan langkah-langkah antisipasi menghadapi potensi lonjakan pengunjung.

“Antisipasinya itu kesiapan pengelola, baik untuk menerima kedatangan pengunjung maupun manajemen pengelolaan. Kemudian sarpras (sarana prasarana). Kemudian langkah-langkah darurat yang perlu disiapkan, termasuk antisipasi jika ada keadaan kebencanaan, itu sudah kami siapkan juga,” kata Hendra, Selasa (9/4/2024).

Objek wisata Pikatan Water Park bersiap menyambut wisatawan libur Lebaran. Penjabat Direktur Pikatan Water Park, Bagus Pinuntun, mengatakan, pada masa libur Lebaran ini tidak ada kenaikan harga tiket. “Pada hari-hari libur, serta akhir pekan, Sabtu dan Minggu, harga tiket Rp 20 ribu. Sedangkan pada hari lainnya, Senin-Jumat, harga tiket Rp 15 ribu,” ujar dia.

Bagus menjelaskan, Pikatan Water Park tidak beroperasi pada hari pertama Lebaran. Objek wisata air itu baru dibuka pada hari kedua Lebaran. “Biasanya rata-rata pengunjung di angka 700 orang. Nanti naik jadi 1.000 orang atau 1.300 orang. Kalau dulu bisa 3.000 pengunjung per hari, sekarang susah, tampaknya berbagi dengan objek wisata yang lain,” ujar dia.

Meski demikian, Bagus berharap pada libur Lebaran 2024 ini wisatawan yang mengunjungi Pikatan Water Park setidaknya bisa mencapai 15 ribu orang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement