Kamis 11 Apr 2024 10:45 WIB

Momen Lebaran, Polres Sidoarjo Waspada Tindak Kejahatan di Permukiman

Polres Sidoarjo menggiatkan patroli di kawasan permukiman saat momen Lebaran.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Polisi melakukan patroli.
Foto: Antara/Abriawan Abhe
(ILUSTRASI) Polisi melakukan patroli.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO — Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, mewaspadai tindak kejahatan yang berpotensi terjadi di permukiman masyarakat saat momen Lebaran 2024. Polisi mengantisipasi adanya pelaku kejahatan yang menyasar rumah warga saat penghuninya bepergian, seperti mudik atau bersilaturahim ke tempat lain.

Mengantisipasi hal itu, Kepala Polresta (Kapolresta) Sidoarjo Kombes Pol Christian Tobing, pihaknya menggiatkan patroli di kawasan permukiman. “Antisipasi tindak kriminalitas yang ingin mencari peluang kejahatan di saat masyarakat sedang tidak berada di tempat tinggalnya guna bersilaturahim,” kata dia, Rabu (10/4/2024).

Baca Juga

Kapolresta mengatakan, pihaknya juga mengintensifkan kegiatan patroli guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di sekitar objek-objek vital, termasuk kawasan perkantoran dan pertokoan. “Kami masifkan patroli kamtibmas menyasar pemukiman warga, perumahan, perkantoran, maupun pertokoan,” katanya.

Saat melakukan patroli, Kapolresta mengatakan, polisi juga memberikan imbauan kepada warga untuk selalu waspada akan potensi tindak kejahatan. Begitu juga kepada para petugas keamanan. Petugas keamanan diminta lebih teliti terhadap orang tak dikenal yang masuk kawasan perumahan.

Personel Bhabinkamtibmas juga diminta selalu siaga mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas saat momen Lebaran ini. Termasuk juga mewaspadai terjadinya kondisi cuaca ekstrem, yang dapat memicu bencana, seperti banjir, ataupun kejadian pohon tumbang. 

“Warga maupun pihak sekuriti dan Bhabinkamtibmas bersama Babinsa agar siaga antisipasi tindak kriminalitas, serta cuaca ekstrem yang terjadi sewaktu-waktu belakang ini. Segera laporkan ke kapolsek, kapolres, maupun petugas BPBD bila terjadi dampak cuaca ekstrem,” kata Kapolresta.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement