Selasa 16 Apr 2024 22:02 WIB

Cegah Pencurian di Rumah Warga, Polisi di Yogyakarta Giatkan Patroli

Polisi mengantisipasi pencurian di rumah yang ditinggalkan warga mudik.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Polisi melakukan patroli.
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
(ILUSTRASI) Polisi melakukan patroli.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Jajaran Polresta Yogyakarta menggiatkan kegiatan patroli rutin selepas libur Lebaran 2024, khususnya di kawasan permukiman. Seperti di wilayah Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Kepala Polsek (Kapolsek) Mergangsan AKP Fitri Anto Heri Nugroho mengatakan, patroli dilakukan guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), termasuk tindak kriminalitas. “Khususnya pencurian,” kata dia. Selasa (16/4/2024).

Baca Juga

Pasalnya, dikhawatirkan masih ada warga yang mudik dan belum kembali ke rumahnya. Rumah yang ditinggalkan penghuninya ini berpotensi jadi sasaran pelaku kriminal. “Kami ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang masih mudik dan meninggalkan rumahnya,” ujar Kapolsek.

Kapolsek pun mengimbau kepada masyarakat yang masih mudik untuk menitipkan rumah kepada tetangga atau saudara, sehingga lebih terpantau. Ia juga mengajak masyarakat untuk turut menjaga keamanan lingkungan.

“Dengan adanya patroli rutin ini, situasi kamtibmas di wilayah Mergangsan diharapkan dapat terjaga dengan baik,” kata Kapolsek. 

Selain mengantisipasi gangguan kamtibmas dan tindak kriminal, saat patroli juga polisi memantau kondisi lalu lintas kendaraan, khususnya di kawasan rawan kemacetan. “Kami juga ingin memastikan kelancaran arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan,” ujar Kapolsek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement