Kamis 13 Oct 2022 23:42 WIB

Undip Semarang Operasikan Bus Kampus untuk Tekan Kendaraan Pribadi

Baru empat bus yang melayani perjalanan di dalam lingkungan kampus.

Undip Semarang Operasikan Bus Kampus untuk Tekan Kendaraan Pribadi. Universitas Diponegoro (Undip)
Foto: undip.ac.id
Undip Semarang Operasikan Bus Kampus untuk Tekan Kendaraan Pribadi. Universitas Diponegoro (Undip)

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, mulai mengoperasikan bus kampus sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di lingkungan tempat pendidikan tersebut.

"Untuk awal ini baru empat bus yang melayani perjalanan di dalam lingkungan kampus," kata Wakil Rektor Undip Semarang Faisal dalam siaran pers di Semarang, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga

Ia menjelaskan bus kampus tersebut bisa dimanfaatkan mahasiswa yang berangkat maupun pulang kuliah.

Menurut dia, keberadaan bus kampus tersebut diharapkan memberi kenyamanan serta keselamatan bagi para mahasiswa, di banding menggunakan kendaraan pribadi.

"Berkurangnya kendaraan pribadi di lingkungan kampus akan berdampak pula terhadap berkurangnya polusi udara dan suara," katanya.

Selain itu, lanjut dia, kesehatan serta kesejahteraan mahasiswa karena pengeluaran yang lebih hemat juga akan meningkat.

Ia menjelaskan keberadaan bus kampus tersebut akan mendukung keberadaan transportasi umum yang sudah ada, namun belum bisa menjangkau wilayah di dalam kampus.

Ke depan, kata dia, bus yang mulai beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB akan diperluas jangkauan operasinya jika memperoleh respon dan animo tinggi mahasiswa.

"Tidak menutup kemungkinan diperluas rutenya hingga keluar kampus," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement