Senin 21 Nov 2022 09:00 WIB

BPR BKK Purbalingga Setor Dividen ke Pemda Hingga Rp 6,9 Miliar

Saham perusahaan dimiliki Pemprov Jateng maupun Pemkab Purbalingga.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi ikut mengundi pemenang Gebyar Undian Tamades yang diselenggarakan BPR BKK Purbalingga.
Foto: Dok. Pemkab Purbalingga
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi ikut mengundi pemenang Gebyar Undian Tamades yang diselenggarakan BPR BKK Purbalingga.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- PT BPR BKK Purbalingga (Perseroda) mampu memberikan kontribusi pendapatan asli daerah kepada pemerintah daerah. Direktur Utama PT BPR BKK Purbalingga, Supriyono menyebutkan, pada 2021 perusahaan memberikan dividen kepada pemerintah daerah Purbalingga selaku pemegang saham sebesar Rp 6 miliar.

"Kontribusi PT BPR BKK Purbalingga kepada pemerintah daerah dalam bentuk dividen atas laba 2021 yang dibayarkan di 2022 ini sebesar Rp 6.942.217.000," kata Supriyono.

Atas kontribusi tersebut, para nasabah yang mempercayakan BPR BKK Purbalingga sebagai tempat simpan pinjam secara tidak langsung telah turut memberikan kontribusi terhadap pembangunan Kabupaten Purbalingga. Ia pun melaporkan kondisi keuangan BPR BKK Purbalingga sampai 31 Oktober 2022.

"Aset tercatat sebesar Rp 436.734.480.000, Dana masyarakat Rp 359.992.863.000 dengan jumlah rekening 62.334. Dana yang disalurkan dalam bentuk kredit sebesar Rp 313.851.538.000 dengan jumlah debitur 10.080," ujarnya.

Guna meningkatkan gairah menabung pada masyarakat dalam mendukung intermediasi perbankan, BPR BKK Purbalingga menggelar Gebyar Undian Tamades. Jumlah peserta undian kali ini 11.945 nasabah dengan jumlah nomor undi 2.204.808 kupon.

"Hadiah yang disediakan yakni satu unit Daihatsu Sigra, tiga sepeda motor Honda New Revo Fit, 12 unit TV Color Sharp 32 inch, 12 unit kulkas Sharp, dan lainnya," ungkap dia.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berkesempatan ikut mengundi. Atas nama pemerintah daerah, ia lantas mengucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah setia BPR BKK Purbalingga.

Dikatakan, BPR BKK Purbalingga ini salah satu BUMD dengan saham yang juga dimiliki Pemprov Jateng maupun Pemkab Purbalingga. Karena dimiliki pemerintah, maka bupati menjamin keamanan uang yang ditabung nasabah di bank ini.

"Uang yang dititipkan Bapak Ibu di BPR BKK ini insya Allah aman, apalagi sudah ada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Oleh karena itu tidak perlu ada kekhawatiran," katanya.

Bupati juga mengungkapkan, dengan menjadi nasabah BPR BKK Purbalingga secara langsung maupun tidak langsung ikut dalam rangka pemulihan ekonomi. Para nasabah juga telah ikut menggulirkan roda perekonomian.

"Oleh karenanya bapak ibu sekalian bisa saya katakan sebagai pahlawan ekonomi," ujar dia. Bupati berpesan kepada PT BPR BKK agar terus menjaga kepercayaan nasabah juga meningkatkan pelayanan.

Sebab saat ini, paparnya, kompetisi di bidang perbankan sangat luar biasa. Termasuk inovasi dan program - program yang efektif mutlak harus dilakukan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement