Selasa 17 Jan 2023 15:15 WIB

UIN Walisongo Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBP

Jalur SNBP juga diikuti semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Tanah Air.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Ilustrasi suasana kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Foto: Dok. Humas UIn Walisongo
Ilustrasi suasana kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Walisongo (PMB-UIN Walisongo) Semarang tahun akademik 2023 telah dibuka. Pembukaan PMB-UIN Walisongo diawali dengan pembuatan akun Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) bagi siswa di sekolah yang sebelumnya sudah mengisi Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS), pada Senin (16/1/2023).

Kepala Humas UIN Walisongo, Astri Amanati Budiningtyas mengungkapkan, jalur pertama yang dibuka adalah SNBP. Yakni merupakan pola penerimaan calon mahasiswa baru skala nasional melalui penelusuran kemampuan dan prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa yang diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemendikbud.

SNBP juga diikuti oleh semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Tanah Air. “Pendaftaran SNBP secara resmi dimulai pada 14 - 28 Februari 2023 mendatang,” ungkapnya, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (17/1).

Terkait hal ini, lanjut Astri, ada sejumlah persyaratan yang harus disiapkan oleh calon Generasi Walisongo (GENWA) 2023. Antara lain, calon peserta berada di kelas terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan.

Calon peserta memiliki prestasi akademik baik dan konsisten yang ditunjukan dengan (merupakan) kuota terbaik di sekolah. Selain itu memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5 yang telah diisikan di PDSS. “Untuk peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio,” jelasnya.

Selain itu, ada beberapa tahapan dan jadwal yang perlu diperhatikan oleh calon GENWA dan sekolah calon pendaftar. Tahapan ini meliputi, pengisian PDSS oleh sekolah tanggal 9 Januari 2023 sampai 9 Februari 2023.

Berikutnya pembuatan akun SNPMB yang dilakukan 16 Januari 2023 hingga 15 Februari 2023 serta pendaftaran SNBP pada 14 hingga 28 Februari 2023. Untuk pengumuman hasil SNBP dijadwalkan pada 28 Maret 2023.

“Registrasi ulang dilakukan 29 Maret 2023 sampai 6 April 2023 dan pengumuman Uang Kuliah Tunggal (UKT) dilakukan 13 April 2023 serta pembayaran UKT 14 hingga 26 April 2023,” lanjutnya.

Sedangkan Program Studi Pilihan SNBP di UIN Walisongo yang bisa dipilih meliputi Program Studi Ilmu Hukum  S1(Akreditasi B) pada Fakultas Syariah dan Hukum; Program Studi Manajemen S1(Akreditasi Baik) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Kemudian, Program Studi Sosiologi S1 (Akreditasi B) dan Ilmu Politik S1( Akreditasi B) Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Selain itu, Program Studi Gizi S1(Akreditasi B) dan Psikologi S1(Akreditasi B) pada Fakultas Psikologi dan Kesehatan.

Berikutnya, Program Studi Matematika S1 (Akreditasi B), Fisika S1 (Akreditasi B), Kimia S1 (Akreditasi B), Biologi S1 (Akreditasi B); Teknologi Informasi S1 (Akreditasi Baik), dan Teknik Lingkungan S1( Proses Akreditasi) pada Fakultas Sains dan Teknologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement