Ahad 05 Mar 2023 05:59 WIB

Upgrade Angkringan, Nyore Coffee and Space Tawarkan Kuliner Khas Yogyakarta

Banyak warga Yogyakarta yang ingin menikmati suasana santai di kawasan Tugu.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Owner Nyore Coffee and Space, Giyarto Prasaja kepada Republika saat Grand Launching Nyore Coffee and Space di Yogyakarta, Sabtu (4/3/2023).
Foto: Republika/Silvy Dian Setiawan
Owner Nyore Coffee and Space, Giyarto Prasaja kepada Republika saat Grand Launching Nyore Coffee and Space di Yogyakarta, Sabtu (4/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Nyore Coffee and Space yang berlokasi di Tugu Yogyakarta meng-upgrade atau menaikkelaskan angkringan menjadi kafe. Kafe yang baru saja diluncurkan pada Sabtu (4/3/2023) ini menawarkan berbagai macam kuliner khas Yogyakarta.

Seperti nasi kucing dengan berbagai pilihan, nasi campur, tempe kemul, hingga kopi kopyor disuguhkan untuk pengunjung. Menu-menu yang biasanya ditemukan di angkringan tersebut di-upgrade dengan tidak menghilangkan identitas dari kuliner khas Yogyakarta.

“Nyore menjadi satu tempat baru untuk teman-teman yang ingin dapat suasana oke di tengah Kota Yogya, dengan harga yang oke dan rasa yang oke juga. Karena secara menu kita tidak lepas dari karakter Yogya yang identik dengan angkringan dan kopinya, kita sedikit upgrade suasana dan rasanya,” kata Owner Nyore Coffee and Space, Giyarto Prasaja kepada Republika saat Grand Launching, Sabtu kemarin.

"Kita tidak mau menghilangkan identitas itu, karena berada di pusat kota, karena Yogya ini banyak kreativitas. Dari suasana yang santai makanya angkringannya juga ikonik sekali, dan kita tidak mau lepas dari itu. Jadi suasana Yogyanya ada, tapi tempat yang sedikit kita upgrade," katanya menambahkan.

 

Dihadirkannya kafe tersebut di kawasan Tugu melihat dari karakteristik orang Yogyakarta dan juga pelancong yang datang ke Kota Gudeg tersebut. Menurutnya, banyak warga Yogyakarta yang ingin menikmati suasana santai di kawasan Tugu Yogyakarta usai beraktivitas atau bekerja.

Hal ini membuatnya menghadirkan kafe tersebut, yang juga berlokasi tidak jauh dari Malioboro. “Orang itu ke Mangkubumi dan sekitarnya rata-rata pulang kerja atau pulang beraktivitas, mereka ingin nyantai. Biasanya jalan kaki atau naik mobil kacanya dibuka, atau naik motor sambil lihat kanan kiri, dan kita hadirkan suasana nyantai di sini,” ujar pria yang biasa dipanggil Gigi tersebut.

Bahkan, bagi yang ingin bekerja dari kafe, Nyore Coffee and Space ini juga dapat menjadi pilihan. Untuk pelancong atau wisatawan, katanya, Nyore Coffee and Space juga sengaja dihadirkan sebagai salah satu pilihan untuk menikmati suasana dan kuliner khas Yogya.

"Kita ingin menciptakan dan mewadahi tempat yang bisa nyantai, tapi kalau untuk (tempat) kerja juga bisa. Menikmati suasana Yogya sambil menikmati makanan-makanan khas Yogya seperti angkringan yang kita upgrade,” jelas Gigi.

Sementara itu, Management Joker Corp, Immanuel Wahyu Indarto mengatakan, ada tiga hal yang ditawarkan dari Nyore Coffee and Space. Yakni kearifan lokal, kreativitas, dan kebersamaan.

“Kearifan lokalnya apa? Produk-produk naik kelas dan pastinya banyak wisatawan ketika dia coba produk-produk kuliner daerah, salah satunya menginginkan terkait kebersihan dan higienis. Kami bisa berikan jaminan itu, tapi kearifan lokalnya tetap ada,” kata Wahyu.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement