Ahad 12 Mar 2023 18:32 WIB

Cek Pos Pantau Merapi, Wabup Sleman Pastikan Situasi di Sleman Aman

Luncuran arah awan panas Merapi sulit diprediksi.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa (kanan), saat meninjau pos pantau Gunung Merapi, Ahad (12/3/2023).
Foto: Febrianto Adi Saputro
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa (kanan), saat meninjau pos pantau Gunung Merapi, Ahad (12/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, melakukan tinjauan ke Pos Pantau dan Pengintaian Merapi di Dusun Turgo, Pakem, Sleman, Ahad (12/3/2023). Danang memastikan situasi di Sleman masih aman.

"Alhamdulillah di Sleman pantauan sampai detik ini semua dalam kondisi aman dan tidak ada yang terlalu terdampak erupsi yg  kemarin siang yang begitu besar," kata Danang di Pos Pantai dan Pengintaian, Ahad (12/3/2023).

Selain Pos Pantau dan Pengintaian Turgo, Danang juga melakukan tinjauan di Pos Kaliurang. Erupsi juga terlihat dari kawah Merapi saat rombongan wakil bupati tiba di Pos Pantau Turgo.

"Kaliurang dan ini di Turgo, barusan kita melihat erupsi-erupsi kecil tapi sesuai pantauan BPBD dan tim SAR ini dalam kondisi aman dan relatif statusnya tidak ada perubahan," ujarnya.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi dari relawan maupun BPBD, tidak ada wilayah Sleman yang terdampak erupsi. Namun ia mengingatkan bahwa luncuran arah awan panas Merapi sulit diprediksi.

Untuk itu antisipasi terus dilakukan Pemkab Sleman. "Luncuran Merapi khusus saat ini sulit dideteksi arahnya ke mana. Walapun kemarin ke barat daya tapi kita juga ada bagian daerah yang rawan tentunya gak ada salahnya ini harus kita antisipasi dari saat ini juga," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement