Kamis 23 Mar 2023 17:13 WIB

Gema Kampus Ramadhan UMS, Mahasiswa Diperkuat Pengetahuan Keislamannya

Rektor mengajak mahasiswa untuk menyambut Ramadhan dengan penuh semangat.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana kegiatan Gema Kampus Ramadhan UMS, Kamis (23/3/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Suasana kegiatan Gema Kampus Ramadhan UMS, Kamis (23/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H, Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) kembali mengadakan serangkaian acara yang dikemas dalam 'Gema Kampus Ramadhan' (GKR ). Kegiatan dibuka secara langsung oleh Rektor UMS, Prof Sofyan Anif,  di Masjid Hj Sudalmiyah Rais.

Dalam kesempatan itu, rektor mengajak jamaah untuk menyambut Ramadhan dengan suka cita dan penuh semangat. GKR disebutkan sebagai tanda awal puasa, yang dijalankan mulai Kamis (23/3) sebagaimana warga Muhammadiyah menjalankan.

"Pada hari ini saya memberikan tema Puasa dan Membangun Karakter Generasi Muda. Puasa itu bukan hanya sekadar puasa tetapi proses puasanya itu menjadikan orang lebih sabar, mampu menahan marah, punya empati kepada orang lain, suka berderma, menyantuni anak yatim, dan seterusnya. Itu merupakan hasil proses puasa itu," ujar Sofyan.

Takwa itu dalam bentuk fermentasi perilaku atau attitude, kalau iman itu orang mengatakan masih sebatas keyakinan, maka jika iman sudah mencapai pada amal saleh itu namanya takwa. "Maka saya mencoba menjelaskan kepada mahasiswa yang merupakan generasi muda untuk me-refresh tentang Islam," jelas Sofyan, Kamis (23/3/2023).

Untuk me-refresh pengetahuan tentang Islam, rektor membuat sebuah kuis yaitu menyebutkan ayat yang turun pada bulan suci Ramadhan, dan mahasiswa yang dapat menjawab mendapatkan hadiah sepeda.

Raditya Raka sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dapat menjawab kuis tersebut dengan tepat dan dapat membacakan ayat yang diminta. Sehingga dia mendapatkan hadiah dari rektor UMS berupa sepeda.

Ketua Takmir UMS Muchamad Ikhsan menjelaskan agenda ini merupakan pembuka dari serangkaian acara Gema Kampus Ramadhan 1444 H / 2023 masehi di UMS.

Kegiatan yang akan dilakukan di antaranya grand opening, Kajian Kurma, Mentari Kampus, Kajian an Nisa, Mabit SMA se Solo Raya, pasar rakyat, kultum bada Isya dan shalat Tarawih berjamaah, tabligh akbar, i’tikaf, dan shalat Idul Fitri yang rencananya dilaksanakan di halaman Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement