Jumat 24 Mar 2023 08:27 WIB

TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Digunakan Cari Ulasan Produk

Ada tiga informasi seputar review produk yang paling dicari masyarakat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Yusuf Assidiq
Logo aplikasi Tiktok.
Foto: EPA-EFE/RITCHIE B. TONGO
Logo aplikasi Tiktok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan perkembangan internet saat ini, masyarakat semakin aktif dalam mencari informasi sebelum membeli sebuah produk. Hal ini terlihat dari 59 persen responden survei yang mengatakan secara aktif mencari review produk, terutama melalui smartphone.

“TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan masyarakat dalam mencari review (ulasan) produk melalui smartphone,” kata Dr Timothy Astandu, Co-Founder dan CEO Populix, dalam keterangan resminya, Kamis (23/3/2023).

Sementara itu, mesin pencari menjadi pilihan masyarakat yang menggunakan laptop atau komputer. Tiga informasi seputar review produk yang paling dicari oleh masyarakat meliputi informasi produk, testimoni dari pembeli lain, dan harga.

Namun demikian, secara keseluruhan, masyarakat juga menggunakan smartphone maupun laptop atau komputer untuk terhubung dengan orang lain seperti mengakses media sosial dan chatting, serta mencari hiburan. Adapun konten hiburan yang paling banyak dicari adalah musik dan film.

Sedangkan konten-konten yang biasa dicari oleh masyarakat di media sosial adalah foto atau video yang menghibur, review produk, informasi kuliner, berita viral, berbelanja di media sosial, mencari inspirasi fashion dan inspirasi skincare.

Dari survei yang dilakukan terhadap 1.772 laki-laki dan perempuan berusia 17-55 tahun, ditemukan bahwa para pengguna smartphone lebih banyak menggunakan aplikasi ponsel untuk memenuhi kebutuhan komersial dan transaksi mereka. Kemudiam laptop atau komputer lebih digunakan untuk mendukung produktivitas sehari-hari, seperti bekerja atau belajar.

“Menariknya, meskipun frekuensi masyarakat untuk bertransaksi melalui laptop atau komputer lebih rendah, tetapi dari sisi nominal transaksi, masyarakat yang menggunakan laptop atau komputer cenderung mengeluarkan anggaran lebih besar dibandingkan melalui ponsel,” lanjut dia.

Populix merilis laporan bertajuk Omnichannel Digital Consumption Report 2023 yang mengungkap perilaku masyarakat Indonesia dalam menggunakan smartphone, laptop, dan internet sebagai acuan bagi brand dalam memenangkan pasar di era digital dewasa ini. Berdasarkan laporan tersebut, ditemukan bahwa 89 lersen masyarakat saat ini terhubung dengan internet dan sebagian besarnya melalui perangkat smartphone.

Laporan menunjukkan bahwa saat ini, 72 persen masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk berbelanja, terutama melalui smartphone. Oleh karena itu, di tengah pesatnya penetrasi internet dan akselerasi digital, para pelaku bisnis perlu terus beradaptasi dengan cara konsumen mengakses informasi dan bertransaksi.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement