Kamis 30 Mar 2023 08:38 WIB

Perluas Perlindungan Pekerja, BPJamsostek Ungaran Gandeng Bhabinkamtibmas

Kerja sama ini menjadi langkah awal mewujudkan kepedulian bagi pekerja.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
 Anggota Bhabinkamtibmas Polres Salatiga usai mengikuti sosialisasi terkait manfaat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bersama BPJamsostek Cabang Ungaran, di Salatiga.
Foto: Dokumen
Anggota Bhabinkamtibmas Polres Salatiga usai mengikuti sosialisasi terkait manfaat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bersama BPJamsostek Cabang Ungaran, di Salatiga.

REPUBLIKA.CO.ID, SALATIGA -- Dalam upaya mendorong terwujudnya kesejahteraan bagi para pekerja hingga di tingkat desa/kelurahan, di wilayah Kota Salatiga, BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Ungaran ‘menggandeng’ Polres Salatiga.

Melalui dukungan dan peran serta Bhabinkamtibmas Polres Salatiga, BPJamsostek ingin memperbanyak cakupan perlindungan kepada para pekerja yang berada di perdesaan/kelurahan.

Kepala Kantor Cabang BPJamsostrk Cabang Ungaran, Budi Jatmiko, menyambut baik dukungan yang telah diberikan oleh jajaran kepolisian, dalam hal ini Polres Salatiga.

Karena BPJamsostek menargetkan sebanyak mungkin perlindungan kepada pekerja hingga di wilayah desa/kelurahan. “Tidak terkecuali dengan para pekerja yang ada di Kota Salatiga,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, sampai saat ini masih banyak para pekerja di Indonesia, khususnya di desa/kelurahan yang belum terlindungi oleh jaminan BPJS Ketenagakerjaan meskipun masuk dalam kelompok pekerja rentan.

Maka, untuk meningkatkan kepesertaan perlindungan sosial ketenagakerjaan, BPJamsostek telah bersinergi dan bekerja sama dengan para Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Salatiga.

Tujuannya agar dapat membantu para pekerja di desa/kelurahan bisa dijamin atas risiko pekerjaannya. “Dengan cara ini, para pekerja yang ada di desa/kelurahan dapat bekerja keras dan bebas cemas, karena telah terlindungi BPJamsostek,” lanjutnya.

Ruang lingkup kerja sama BPJamsostek Cabang Ungaran dengan Polres Salatiga ini, masih kata Budi Jatmiko, di antaranya terkait pertukaran data serta informasi pekerja yang sudah maupun yang belum terdaftar dalam pesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Menurutnya, kerja sama ini menjadi implementasi dari instruksi pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan pekerja dan keluarganya, melalui jaminan sosial bidang ketenagakerjaan.

Budi Jatmiko juga berharap, kerja sama ini menjadi langkah awal bagi Bhabinkamtibmas untuk ikut mewujudkan kepedulian dan keselamatan para pekerja di sekitarnya.

Sehingga manfaat dapat diperoleh dari program BPJS Ketenagakerjaan tercipta secara universal coverage, dalam hal ini kelompok pekerja rentan yang ada di wilayah desa/kelurahan.

Guna mengoptimalkan kerja sama, telah dilakukan sosialisasi terkait manfaat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada Bhabinkamtibmas se-Kota Salatiga.

Sosialisasi diberikan agar seluruh personil Bhabinkamtibmas di wilayah Kota Salatiga bisa mengetahui dan memahami mengenai manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

“Salah satu tugas Bhabinkamtibmas adalah ikut mendukung program-program pemerintah, yang di dalamnya termasuk program BPJamsostek ini,” tegas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement