Senin 10 Apr 2023 12:09 WIB

Lagu Komang Pecahkan Rekor Spotify, Raim Laode : Saya tidak Menyangka

Tidak butuh waktu lama bagi lagu ini untuk menjadi viral.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yusuf Assidiq
Salah satu adegan video musik lagu Komang.
Foto: Tangkapan layar
Salah satu adegan video musik lagu Komang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu Komang dari penyanyi Raim Laode memecahkan rekor Spotify sebagai lagu yang paling banyak diputar dalam sehari. Sebelumnya, ada lagu Hati hati di Jalan dari Tulus dan Glimpse of Us dari Joji yang meraih pencapaian serupa di Spotify Indonesia.

Komang menjadi lagu yang paling banyak didengarkan selama 24 jam di Spotify Indonesia pada 3 April 2023. Tembang karya Raim Laode, penyanyi muda berusia 28 tahun asal Wakatobi, Sulawesi Tenggara, itu berhasil memecahkan rekor di 2023.

"Saya bahagia sekali melihat lagu ini diterima dengan baik oleh para pendengar. Ketika lagu ini dirilis pada Agustus 2022, saya tidak pernah menyangka lagu ini akan menjadi viral," ujar Raim melalui pernyataan resminya.

Menurut Raim, pencapaian itu membuktikan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin, sekaligus memperkuat keyakinannya bahwa terkadang mimpi terwujud di waktu yang tidak terduga.

Lagu yang judulnya diambil dari nama sang istri, yakni Komang, lahir dari kesederhanaan dan merupakan bentuk cinta Raim. Raim juga mendedikasikan lagu itu kepada seluruh perempuan di Bali, untuk kerja keras mereka selama ini.

Kejujuran yang dibawa oleh lagu senada dengan apa yang dirasakan para pendengar, sehingga tidak sulit untuk membangun kedekatan antara Raim dengan pendengarnya. Raim mengatakan, setiap musik yang diciptakannya merupakan cara untuk mengapresiasi momen dalam hidup dan menceritakan perjalanan hidupnya pada masa tertentu.

"Saya percaya teknologi dan inovasi memungkinkan setiap orang untuk menjadi local hero dan membagikan kisah mereka melalui musik. Platform digital seperti Spotify telah membantu musisi di mana pun mereka berada untuk dapat ditemukan dan terhubung dengan pendengar di seluruh dunia. Senang sekali saya bisa jadi salah satu di antaranya," ujar Raim.

Komang masuk ke tangga lagu Top 50 Indonesia di Spotify pada 16 Februari 2022 dengan menempati posisi ke-22, kemudian berhasil mencapai posisi ke-2 pada pekan berikutnya. Tidak lama berselang, pada 2 Maret 2023, lagu itu menduduki posisi teratas Top 50 Indonesia selama empat pekan berturut-turut.

Lagu ini bahkan berhasil memecahkan rekor sepanjang masa untuk jumlah streaming terbanyak dalam satu hari, dari semua lagu di Spotify Indonesia. Komang menyalip lagu Hati-Hati di Jalan dari Tulus dan Sial dari Mahalini dengan lebih dari dua juta streaming.

Tidak butuh waktu lama bagi Komang untuk menjadi viral karena lagu itu terus digunakan sebagai musik latar untuk berbagai konten video di media sosial. Lagu juga berhasil memperoleh banyak dukungan dan pengakuan di tingkat global, menempati posisi teratas pada sejumlah tangga lagu Spotify lainnya.

"Merayakan musik dan artis lokal sudah menjadi prioritas utama kami di Spotify. Senang sekali rasanya melihat artis Indonesia terus merajai tangga lagu lokal dan mendobrak lebih banyak batasan daripada sebelumnya," kata Head of Music Spotify Asia, Kossy Ng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement