Jumat 21 Apr 2023 03:20 WIB

Pesan Sri Sultan Jelang Hari Raya Idul Fitri

Sri Sultan berharap momentum Idul Fitri tambah memupuk semangat persaudaraan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sri Sultan Hamengkubuwono X - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Sri Sultan Hamengkubuwono X - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebagian Muslim melaksanakan shalat Idul Fitri (Ied) pada Jumat, 21 April 2023. Termasuk di Provinsi DIY. Salah satu tempat melaksanakan ibadah shalat Ied hari ini adalah di Alun-Alun Selatan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap momentum Idul Fitri dapat memupuk dan semakin menegakkan semangat persaudaraan. Tidak hanya bagi sesama Muslim. Namun juga sesama masyarakat sebangsa dan setanah air.

Baca Juga

"Melalui momentum Idul Fitri, marilah kita tabur benih kedamaian, kita tanam pohon kasih sayang, dan kita kibarkan bendera salam dengan memupuk dan menegakkan persaudaran," kata Sultan, Kamis (20/4/2023).

"Semoga Allah SWT menunjukan kepada kita jalan lurusnya agar kita senantiasa hidup dalam damai dan sejahtera," lanjut Sultan.

Wakil Gubernur (Wagub) DIY, KGPAA Paku Alam X juga turut mengucapkan selamat Idul Fitri bagi umat Muslim.

Setelah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, ia mengajak seluruh umat membuka lembaran baru kehidupan yang lebih baik.

"Mari kita buka lembaran baru untuk kehidupan yang lebih baik dengan semakin memperkuat iman, serta mempererat kerukunan dan toleransi. Semoga Allah SWT menjadikan kita orang-orang yang fitrah dan mendapatkan kemenangan," kata Wagub DIY.

Terkait dengan pelaksanaan ibadah shalat Ied, masyarakat diharapkan untuk menjaga kebersihan usah menyelenggarakan shalat. Terutama yang melaksanakan shalat Ied di lapangan atau tempat terbuka, yang biasanya seringkali jamaah membawa alas kertas koran maupun tikar plastik.

Bagi yang membawa alas tersebut, diharapkan tidak membuangnya secara sembarangan. Begitu pun dengan panitia penyelenggara shalat Ied juga diminta untuk bertanggung jawab untuk mengelola sampahnya sendiri usai shalat ied.

"Kami mengimbau kepada panitia untuk bertanggung jawab ketika selesai shalat Ied untuk kebersihannya," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta, Sumadi belum lama ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement