Ahad 07 May 2023 09:16 WIB

Ramaikan HUT Kelurahan Tirtomartani, Bupati Sleman Ajak Lestarikan Budaya dan Tradisi

Bupati Sleman imbau warga lestarikan kearifan lokal.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Erdy Nasrul
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.
Foto: Dok Humas Pemkab Sleman
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menghadiri peringatan Hari Jadi ke-76 Pemerintah Kalurahan Tirtomartani, Kapanewon Kalasan, Sabtu (6/5/2023). Kustini mengapresiasi pelaksanaan Kirab Budaya sebagai upaya pelestarian budaya.

"Saya mengapresiasi pelaksanaan Kirab Budaya ini. Selain merekatkan warga dengan rasa kebersamaan, juga sebagai upaya menjaga dan melestarikan budaya kita," kata Kustini dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/5/2023).

Baca Juga

Ratusan warga merayakan peringatan Hari Jadi Kalurahan Tirtomartani dengan mengikuti kirab budaya dan upacara yang dilaksanakan di Lapangan Raden Ronggo Tirtomartani. Kustini menyampaikan Dengan usia 76 tahun saat ini, menjadi pencapaian dari hasil kerja keras seluruh pihak, khususnya masyarakat Tirtomartani. 

Kustini juga berharap, peringatan Hari Jadi Kalurahan Tirtomartani, dapat menjadi momentum untuk meningkatkan perekonomian yang lebih baik, dan membawa masyarakat pada kemakmuran. Kustini pun mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan, sikap gotong royong, dan sikap saling menghargai untuk mewujudkan Sleman sebagai rumah bersama.

"Semoga dengan upaya kita dalam melestarikan budaya dan tradisi, dapat menjadi sarana untuk mengembangkan perekonomian masyarakat dan merekatkan kerukunan antarwarga," harap Kustini.

Panitia Hari Jadi Kalurahan Tirtomartani, Wahyu Widada menjelaskan, peringatan pada tahun ini melibatkan 17 padukuhan yang masing-masingnya membawa hingga 50 peserta. Ia mengatakan, perayaan Hari Jadi tak sekadar menjadi pesta namun juga sebagai wujud rasa syukur dari seluruh komponen masyarakat Tirtomartani.

"Acara ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan. Kami harapkan juga bisa menambah guyup masyarakat, rasa saling memiliki, dan menumbuhkan rasa kebersamaan," ujar Wahyu.

Tak hanya kirab, peringatan Hari Jadi Kalurahan Tirtomartani dirangkai dengan pengukuhan Rintisan Desa Budaya yang dipimpin oleh Bupati Sleman Kustini. Masyarakat Tirtomartani juga dihibur dengan pentas budaya, pentas seni jathilan, pameran potensi kalurahan, pentas orkes keroncong, gebyar PAUD, dan pelaksanaan senam bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement