Kamis 11 May 2023 12:03 WIB

Arema FC Lakukan Tes Kondisi Fisik Pemain Jelang Liga 1, Ini Hasilnya

Setidaknya ada tujuh item yang harus dilalui oleh pemain.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Pemain Arema FC menendang bola saat mengikuti latihan (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Pemain Arema FC menendang bola saat mengikuti latihan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Arema FC baru saja melaksanakan fitness test pada pemain tim 'Singo Edan' di Stadion Gajayana, Kota Malang, Rabu (10/5/2023). Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan menjelang bergulirnya Liga 1 2023-2024.

Kegiatan fitness test yang dilakukan Arema FC ini juga bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIK UM). Kegiatan ini setidaknya ada tujuh item yang harus dilalui oleh pemain.

Ketujuh item tersebut antara lain antropometri, tes fleksibilitas, dynamometer, jump, tes kecepatan, agility test, dan submaximal test atau endurance. Dokter tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi, mengungkapkan, fitness test bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik dan kebugaran pemain.

Hal ini karena ada beberapa item yang saling berhubungan. "Dan nantinya ini menjadi rekomendasi berkaitan dengan program latihan ke depan,” ujarnya.

Terkait hasil tes, Nanang sedikit memberikan bocoran bahwa beberapa nama masih menonjol. Dua di antaranya kondisi Johan Ahmat Farisi dan Bagas Adi Nugroho yang kondisi kesehatan dan kebugarannya paling baik di antara yang lain.

Menurut Nanang, hasil ini akan menjadi acuan untuk tes berikutnya. “Nanti ketika ada tes berikutnya hal ini akan menjadi bahan acuan. Ini nanti akan kita setorkan ke tim pelatih,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement