Senin 22 May 2023 12:33 WIB

Lima Potongan Tubuh Ditemukan di Bengawan Solo Satu Rangkaian? Ini Kata Polisi

Penemuan potongan tubuh di aliran Bengawan Solo wilayah Sukoharjo dan Solo.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Penjelasan Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, soal temuan lima potongan tubuh manusia di aliran anak Sungai Bengawan Solo, Senin (22/5/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Penjelasan Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, soal temuan lima potongan tubuh manusia di aliran anak Sungai Bengawan Solo, Senin (22/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Total sebanyak lima potong bagian tubuh ditemukan di aliran Bengawan Solo wilayah Sukoharjo dan Solo. Sejauh ini, polisi belum bisa memastikan apakah potongan tubuh itu merupakan satu rangkaian atau bukan.

"Kita tidak bisa menyatakan itu keterkaitan jika dari forensik belum menyatakan bahwa itu merupakan rangkaian satu tubuh manusia," kata Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, Senin (22/5/2023).

"Artinya bagian atau potongan tubuh manusia yang kita temukan itu nanti akan berkoordinasi dengan forensik untuk mengidentifikasi. Apakah itu rangkaian atau potongan dari satu orang semasa hidupnya atau dari orang yang berbeda," tambahnya.

Iwan menjelaskan setelah serangkaian identifikasi forensik baru pihaknya bisa menyampaikan informasi selanjutnya. "Nanti kita belum bisa memberikan jawaban sampai forensik melaksanakan tugasnya untuk mengidentifikasi potongan-potongan tubuh itu," kata dia.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan polres terkait. Sebab seperti diketahui potongan tubuh tersebut ditemukan di aliran anak Sungai Bengawan Solo wilayah Sukoharjo dan Solo.

"Sudah, dari mulai kemarin sejak ditemukan potongan kita koordinasi dengan Polres Sukoharjo karena ada wilayah Sukoharjo dan kita. Dan koordinasi dengan polres lainnya sepanjang aliran sungai," katanya.

Terkait penemuan itu, pihaknya mengimbau apabila ada masyarakat yang merasa kehilangan salah satu anggota keluarganya untuk melapor agar menambah bahan penyelidikan.

"Mungkin warga sekitar yang merasa kehilangan keluarga. Ada anggota keluarga yang tidak kembali untuk menyampaikan kepada kita untuk menambah perbendaharaan bekal penyidikan kita selanjutnya. Sukoharjo bahkan menyisir sampai ke hulu sungai. Kita sudah menyampaikan berita ke masyarakat," ujar dia.

Seperti diketahui, potongan tubuh manusia berupa tangan kiri ditemukan pertama kali di wilayah Pringgolayan, Waringinrejo, Cemani, Grogol, Sukoharjo, pada Ahad (21/5/2023) sekitar pukul 09.15 WIB. Lantas ditemukan kembali potongan kedua di wilayah Mojolaban, Sukoharjo, berupa betis kiri.

Kemudian potongan berupa tubuh ditemukan di Cemani, Grogol, Sukoharjo. Potongan kepala ditemukan pada aliran anak Sungai Bengawan Solo Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, pada Ahad (21/5/2023), malam. Adapun potongan tubuh manusia berupa tangan kanan kembali ditemukan di wilayah Serengan, Solo, pada Senin (22/5/2023) pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement