Kamis 25 May 2023 08:51 WIB

Terjunkan 537 Polisi RW, Kapolres Purbalingga: Deteksi Dini Masalah Keamanan

Di wilayah Purbalingga terdapat 1,551 RW dari 239 desa.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Personel Polisi RW dari Polres Purbalingga.
Foto: Dokumen
Personel Polisi RW dari Polres Purbalingga.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Polres Purbalingga menerjunkan 537 personel yang bertugas sebagai Polisi RW. Hal tersebut tampak saat dilaksanakan Apel Gelar Polisi RW di halaman Mapolres Purbalingga.

Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan mengatakan Polisi RW  terdiri dari personel berbagai fungsi kepolisian. Tugasnya hampir sama dengan Bhabinkamtibmas, tetapi lebih fokus di lingkungan setingkat RW.

"Di wilayah Purbalingga terdapat 1,551 RW dari 239 desa dan kelurahan. Dari jumlah tersebut kita bisa memenuhi sebanyak 537 personel Polisi RW," ujar kapolres.

Ia menjelaskan tugas Polisi RW di antaranya bermitra dengan masyarakat, deteksi dini persoalan keamanan, edukasi kamtibmas, dan mengatasi permasalah sosial. Selain itu, mendukung fungsi kepolisian lainnya di lingkungan RW masing-masing.

 

"Harapannya dengan adanya Polisi RW, dapat lebih cepat polisi mengambil tindakan dan putusan dalam penyelesaian permasalahan di masyarakat," tegasnya.

Kapolres berpesan agar sebagai Polisi RW para personel dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal agar hasilnya dapat maksimal. Sehingga, setiap tugas dan pekerjaan yang diberikan dapat selesai dilaksanakan dengan tuntas.

"Sebagian besar personel berdomisili di wilayah Purbalingga. Oleh sebab itu diharapkan Polisi RW sudah menguasai wilayah masing-masing termasuk karakteristik masyarakatnya sehingga dapat mendukung terciptanya kamtibmas yang kondusif," ujar dia.

Apel Gelar Polisi RW Polres Purbalingga ditandai pemasangan ban lengan bertuliskan Polisi RW. Pemasangan secara simbolis dilakukan oleh kapolres kepada perwakilan personel. Selanjutnya ban lengan akan dipakai saat personel melaksanakan tugas sebagai Polisi RW di wilayah masing-masing.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement