Selasa 06 Jun 2023 11:20 WIB

Tiga Hari Pencarian, Remaja Tenggelam di Sungai Progo Bantul Ditemukan Meninggal

Korban ditemukan dengan posisi mengambang di pinggir sungai.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Tim SAR gabungan mengevakuasi korban tenggelam di sungai (ilustrasi)
Foto: Kantor SAR Bandung.
Tim SAR gabungan mengevakuasi korban tenggelam di sungai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Korban tenggelam di Sungai Progo, Sedayu, Kabupaten Bantul, DIY sudah ditemukan oleh tim SAR gabungan, Selasa (6/62023). Korban atas nama Devangga Noor Raihan (17) ditemukan tim SAR setelah tiga hari dilakukan pencarian sejak Ahad (4/6/2023).

"Pencarian satu orang tenggelam di Sungai Progo akhirnya membuahkan hasil. Korban atas nama Devangga Noor Raihan, warga Kalijoho Kidul RT 02 Argosari, Sedayu, Bantul, berhasil ditemukan," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Yogyakarta, Kamal Riswandi, Selasa (6/6/2023).

Kamal mengatakan, pencarian hari ketiga dilakukan dengan diperluas hingga radius satu kilometer ke arah selatan dari lokasi kejadian. Korban pun ditemukan dengan posisi mengambang di pinggir sungai pada Selasa (6/6/2023) dini hari.

"Tim SAR gabungan melaksanakan pemantauan dan korban ditemukan dengan posisi mengambang di pinggir sungai, dengan jarak kurang lebih 30 meter dari lokasi korban terlihat," ujar dia.

Korban pun langsung dievakuasi oleh tim SAR gabungan yang dibantu warga sekitar. Usai dievakuasi, korban langsung dibawa ke rumah duka untuk diserahkan ke pihak keluarga.

"Dengan ditemukannya korban, operasi SAR langsung ditutup dan unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," jelasnya.

Seperti diketahui, korban tenggelam pada Ahad (4/6/2023) sore saat mandi bersama temannya di sungai tersebut. Kronologi kejadian berawal saat rombongan anak-anak mandi di Sungai Progo usai bermain bola, tepatnya di Kalijoho Kidul.

Rombongan tersebut berjumlah delapan anak, termasuk korban. Korban tenggelam karena terpeleset bersama dua orang temannya. Dua orang teman korban atas nama Akan dan Ikhsan dapat diselamatkan.

Sedangkan, korban sempat melambaikan tangan, tetapi tidak berhasil diselamatkan. "Deva (korban) yang sempat terlihat melambaikan tangan tidak tertolong dan tenggelam di Sungai Progo," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement