Jumat 16 Jun 2023 13:34 WIB

Ketersediaan Sapi dan Kambing Kurban di DIY Mencukupi, Domba Masih Minus

Kebutuhan sapi untuk Idul Adha di DIY sebanyak 25.979 ekor.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Pedagang hewan kurban memeriksa domba dan kambing di Ngampilan, Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pedagang hewan kurban memeriksa domba dan kambing di Ngampilan, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY menyebut kebutuhan hewan kurban sudah mencukupi kebutuhan Hari Raya Idul Adha 2023 di DIY. Namun, Kepala DPKP DIY, Sugeng Purwanto mengatakan, ketersediaan hewan kurban yang mencukupi hingga saat ini baru untuk sapi dan kambing.

Sugeng menyebut, kebutuhan sapi untuk Idul Adha di DIY sebanyak 25.979 ekor. Sedangkan, dari data yang sudah diperoleh hingga saat ini, ketersediaan sapi sudah mencukupi. "Data sementara ketersediaan sapi 26.067 ekor," kata Sugeng kepada Republika, Jumat (16/6/2023).

Untuk ketersediaan kambing di DIY saat ini sudah mencapai 27.022 ekor. Namun, kebutuhan kambing untuk Idul Adha sendiri kurang dari jumlah tersebut. "Kebutuhan kambing 23.099 ekor," ujarnya.

Sementara itu, ketersediaan domba masih belum tercukupi untuk Idul Adha tahun ini. Dari kebutuhan sebesar 26.966 ekor, baru tercukupi sebanyak 19.019 ekor. "Untuk ketersediaan domba sementara masih minus, sedangkan untuk sapi dan kambing sudah tercukupi," jelas dia.

Sebelumnya, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda DIY, Yuna Pancawati juga sudah menyebut pihaknya memastikan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 2023, terutama dari Lumpy Skin Disease (LSD) dan PMK.

Hal ini dilakukan dengan pemantauan ke beberapa pasar hewan hingga rumah pemotongan hewan (RPH) yang sudah mulai dilakukan pekan ini. Seperti pemantauan yang sudah dilakukan di Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta.

Yuna menyebut, kesehatan hewan kurban cukup terjaga dari pantauan di dua lokasi itu. Bahkan, ketersediaan hewan kurban juga mencukupi untuk daerah Bantul maupun Kota Yogyakarta. Baik ketersediaan sapi, domba, maupun kambing yang bahkan dikatakan meningkat dari tahun sebelumnya untuk Bantul dan Kota Yogyakarta.

"Hewan kurban yang tersedia di Pasar Imogiri (Bantul) berasal dari berbagai daerah, termasuk Gunungkidul, Bantul yaitu Kapanewon Pleret dan Kretek, Piyungan, Sanden, Pajangan, Bambanglipuro, Kebumen, dan Purworejo," kata Yuna.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement