Jumat 16 Jun 2023 17:00 WIB

Mahasiswa UMY Ikuti Manajemen Festival 2023, Praktikkan Keterampilan Berbisnis

Para mahasiswa didorong membangun inovasi dan berani berkreasi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
 Mahasiswa dan civitas UMY ikut meramaikan acara Manajemen Festival di halaman Sportorium UMY.
Foto: Dokumen
Mahasiswa dan civitas UMY ikut meramaikan acara Manajemen Festival di halaman Sportorium UMY.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY) menggelar acara Manajemen Festival yang berlangsung pada 15-16 Juni 2023 di halaman Sportorium UMY.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan jiwa entrepreneur dan menyiapkan mahasiswa dalam membangun kreativitas, inovasi, ide bisnis, serta keberanian memulai bisnisnya.

Ketua Program Studi Manajemen UMY, Sri Handari menjelaskan, Prodi Manajemen memiliki profil tujuan salah satunya adalah menyiapkan wirausaha dan manajer. Kemudian dari sana, pihaknya selalu berupaya untuk mendukung mahasiswa dalam membangun inovasi, berani berkreasi, berani mengambil keputusan, dan punya ide-ide bisnis.

"Salah satu upaya yang kami lakukan adalah  memfasilitasi mereka dengan kegiatan enterpreneurship. Jadi mahasiswa tidak sekadar punya ide, tapi juga bisa mempraktikkan,” ujarnya, Jumat (16/6/23).

Menurutnya, dengan kegiatan ini mahasiswa akan mempunyai pengalaman mempraktikkan atau melakukan uji coba produk, menemukan komposisi produksi yang bagus, dan dapat dinilai langsung oleh konsumen. Kemudian dijual sampai menghasilkan laba atau omzet yang ditargetkan kepada mahasiswa.

Ia mengungkapkan acara ini hanya satu bagian kecil, karena sebenarnya mereka selama setengah bulan ini sudah praktik jualan. Mereka diberikan tantangan oleh dosen untuk mendapatkan omzet dan keuntungan dari apa yang mereka jual.

Kemudian dievaluasi di kelas kewirausahaan, khususnya di mata kuliah perencanaan bisnis. "Ini yang terlibat adalah mahasiswa semester 4 dari 15 kelas, sekitar 136 kelompok,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat berbagai rangkaian acara yang sudah berlangsung beberapa hari sebelumnya. Mulai dari summers program, International Student Conference On Management and Bussiness Studies (ISCOMBUS), International Business Competition, talkshow, dan Enterpreneur Day.

Selain itu, Manajemen Festival diikuti oleh berbagai daerah termasuk berbagai perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri. Khusus kegiatan Entrepreneur Day diikuti oleh 136 kelompok mahasiswa UMY Prodi Manajemen, SEBI (Startup and Businness Incubator) UMY, dan juga melibatkan UMKM serta memberikan free stand khusus untuk perguruan tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Seluruh Indonesia.

Dari kegiatan ini Handari berharap agar mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belajar berbisnis sambil kuliah agar setelah lulus mahasiswa dapat mengembangkan usahanya. Hal ini memang selaras dengan visi prodi menejemen yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneur dan juga dapat membuat wirausaha.

Sehingga mereka bisa menciptakan lapangan kerja. "Banyak alumni manajemen yang awalnya berangkat dari kegiatan seperti ini. Mereka menjalankan usaha sambil kuliah dan setelah lulus memilih untuk punya usaha," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement