Senin 19 Jun 2023 08:03 WIB

Episode Final Demon Slayer S3 Tayang, Layanan Streaming Sampai Sulit Diakses

Episode 11 tersebut ditayangkan dengan durasi yang lebih panjang.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Poster anime Demon Slayer Season 3.
Foto: Tangkapan layar
Poster anime Demon Slayer Season 3.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Episode final dari anime Demon Slayer Season 3 baru saja ditayangkan. Episode terakhir yakni episode 11 tersebut ditayangkan dengan durasi yang lebih panjang dari episode-episode sebelumnya yakni selama 70 menit.  

Namun, saat episode 11 baru saja dirilis, membuat layanan streaming online sulit diakses, yakni layanan Crunchyroll. Hal ini diduga karena banyaknya pengguna yang mengakses layanan streaming tersebut saat ditayangkannya episode final Demon Slayer.

Dalam keterangan resminya, Crunchyroll menyebut bahwa ada beberapa pengguna yang mengalami masalah saat mengakses layanan mereka. Meski begitu, disebutkan bahwa tim Crunchyroll berusaha untuk memperbaiki masalah tersebut.

"Sebagian pengguna mungkin mengalami masalah saat menggunakan Crunchyroll saat ini, tapi tim kami tengah memperbaiki masalah tersebut secepat mungkin! Terima kasih atas kesabaran anda," tulis Crunchyroll seperti dikutip dari ComicBook, Senin (19/6/2023).

Episode final dari serial ini menandai bahwa Swordsmith Village arc telah berakhir. Ditayangkannya episode tersebut membuat penggemar 'berbondong-bondong' ingin menyaksikan, hingga membuat server Crunchyroll mengalami masalah.

Terlebih, Crunchyroll juga sudah memiliki jumlah pengguna yang cukup besar di seluruh dunia. Layanan ini menjadi salah satu layanan terbesar yang mewadahi serial anime-anime Jepang.

Tidak sedikit juga penggemar yang me-mention terkait masalah ini. Bahkan, layanan streaming Crunchyroll sempat menjadi trending di Twitter karena masalah tersebut.

Crunchyroll tidak menyebut secara resmi penyebab sempat sulit diaksesnya layanan tersebut saat ditayangkannya episode final Demon Slayer Season 3. Namun, dimungkinkan karena banyaknya permintaan untuk menonton episode tersebut, sehingga mengalami peningkatan penggunaan bandwidth.

Beberapa kasus yang sama di Crunchyroll juga pernah terjadi sebelumnya. Seperti saat tayangnya Dragon Ball Super dan Jujutsu Kaisen, yang mana servernya juga sempat mengalami masalah waktu itu.

Diberitakan sebelumnya, episode final Demon Slayer Season 3 tayang dengan durasi lebih panjang yang berjudul A Connected Bond: Daybreak and First Light. Dalam episode ini, pertarungan antara Tanjiro dan kawan-kawan (dkk) melawan salah satu Upper Moon Demon yakni Upper Four bernama Hantengu terus berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement