Ahad 29 Oct 2023 10:16 WIB

Segera Rilis Episode Final, MAPPA Siap-Siap Tinggalkan Attack on Titan

Akhir cerita AoT tidak seperti yang diharapkan oleh banyak penggemar.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Visual Attack on Titan: Final Season Part 3
Foto: Dokumen
Visual Attack on Titan: Final Season Part 3

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Episode final dari anime Attack on Titan (AoT) segera dirilis, yang dijadwalkan pada 4 November 2023 nanti, seperti yang dilansir dari ComicBook, Jumat (27/10/2023).

Final Season Part 3 bagian kedua tersebut dirilis setelah episode sebelumnya juga sudah ditayangkan pada Maret 2023 lalu. Studio MAPPA yang menggarap serial ini pun tengah bersiap untuk meninggalkan AoT, setelah tampil pertama kali pada 2013 lalu.

Tinggal sekitar sepekan hingga 4 November, salah satu anime paling brutal ini mencapai akhir dari kisah Eren Yeager. Serial ini mulai menghitung mundur pertarungan terakhir dari Scout Regiment dengan Eren Yeager.

Hingga saat ini, masih banyak penggemar yang bertanya-tanya seperti apa akhir dari serial ini, apakah versi animenya akan sama dengan versi manga yang sudah ditulis oleh Hajime Isayama.  

 

Pasalnya, saat chapter terakhir dalam manga AoT muncul pada April 2021 lalu, menimbulkan kontroversi di tengah penggemar. Hal ini mengingat akhir cerita AoT tidak seperti yang diharapkan oleh banyak penggemar karya Isayama tersebut.

Dalam episode sebelumnya, Survey Corps atau Scout Regiment tengah berjuang di tengah duka akibat kehilangan salah satu rekan, Hange. Hange bisa memberikan waktu kepada teman-temannya dengan mengorbankan dirinya menghadapi Eren yang sudah mendapatkan kekuatan The Founding Titan.

Untungnya, pengorbanan Hange terbayarkan karena para Scout Regiment berhasil mencapai Eren dalam wujud titan. Meski, mereka tetap tidak dapat menghentikan kehancuran besar yang disebabkan oleh Colossal Titan yang digerakkan Eren dengan rumbling.

Hal tersebut mengakibatkan sebagian besar populasi dunia musnah sebagai bagian dari rencana Eren. Scout Regiment pun berjuang untuk menyelamatkan populasi yang tersisa.

Di balik layar, sang kreator Hajime Isayama menyebut tidak akan ada sekuel resmi untuk Attack on Titan setelah ditayangkannya episode terakhir. Meski begitu, Isayama telah mengonfirmasi dia akan membuat cerita baru yang berfokus pada masa lalu Kapten Levi.

Hingga saat ini, Isayama belum memberikan rincian seputar cerita baru tersebut. Seperti apa kelanjutan dari serial anime ini nantinya, jangan lupa saksikan pada 4 November nanti.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement