Rabu 21 Jun 2023 10:08 WIB

UGM Terima 2.826 Calon Mahasiswa Baru Lewat Jalur SNBT 2023

Hasil seleksi telah diumumkan melalui portal SNPMB.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UGM Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Kampus UGM Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Gadjah Mada (UGM)  menerima sebanyak 2.826 calon mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Sarjana Terapan lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Total pendaftar UGM yang melalui jalur SNBT sebanyak 59.412 orang. Hasil seleksi telah diumumkan melalui portal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada Selasa (20/6/2023) malam.

"Selamat kepada adik-adik yang sudah berhasil diterima menjadi calon mahasiswa UGM. Kalian telah bekerja keras untuk bisa memperoleh kesempatan belajar di UGM, tentu kami harap komitmen yang sama bisa kalian tunjukkan selama menjalani studi nantinya," kata Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof Wening Udasmoro, Rabu (21/6/2023).

Berdasarkan jumlah pendaftar, diketahui pada bidang saintek program studi yang paling diminati adalah Kedokteran, Farmasi, Teknologi Informasi, Kedokteran Gigi, dan Kehutanan. Sedangkan di bidang humaniora yakni Psikologi, Hukum, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi.

 

Kemudian berdasarkan perbandingan jumlah pendaftar dan peserta lolos seleksi, program studi paling kompetitif adalah Kedokteran, Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, Gizi, dan Manajemen Informasi Kesehatan untuk bidang Saintek, serta Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Psikologi, Manajemen, dan Pariwisata untuk bidang sosial humaniora.

Dari total calon mahasiswa yang diterima, 533 di antaranya merupakan peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, atau sekitar 18.9 persen. Menurut Wening, ini menunjukkan inklusivitas UGM bagi calon mahasiswa dari berbagai latar belakang sosial ekonomi.

"Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi rendah punya kesempatan yang sama untuk berkuliah di UGM dan memperoleh pendidikan yang terbaik," kata dia.

Dijelaskan, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBT selanjutnya wajib melakukan registrasi melalui laman simaster.ugm.ac.id selambat-lambatnya pada 30 Juni 2023 dan melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada 6-12 Juli 2023.

Apabila calon mahasiswa tidak mengikuti kedua tahapan tersebut hingga batas waktu yang ditentukan, ia dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa UGM Tahun Akademik 2023/2024.

Sebelum SNBT, jalur seleksi yang telah berlangsung lebih dulu adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), yang juga diselenggarakan secara terpusat oleh tim SNPMB. Sedangkan jalur seleksi terakhir yang masih akan berlangsung adalah seleksi mandiri berupa Ujian Mandiri-Computer Based Test (UM-CBT).

UM-CBT akan digelar di enam kota Indonesia, dan diikuti 39.534 peserta. Pelaksanaan UM CBT UGM 2023 pertama akan dimulai di kota Pekanbaru dan Balikpapan  pada 21-23 Juni 2023.

Berikutnya di Medan pada 22-24 Juni 2023 dan Makassar pada 23-25 Juni 2023. Lalu, di  Yogyakarta pada 1-8 Juli 2023 dan Jakarta pada 3-8 Juli 2023. Sementara pengumuman seleksi UM CBT UGM pada 13 Juli 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement