Senin 17 Jul 2023 07:14 WIB

Omzet Pameran PPD Sleman di Lapangan Denggung Melebihi Target

PKL Denggung mengalami kenaikan omzet penjualan kurang lebih 50 persen.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa
Foto: Dok Humas Pemkab Sleman
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pameran Potensi Daerah (PPD) Kabupaten Sleman Tahun 2023 resmi berakhir pada Ahad (16/7/2023). Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Mae Rusmi Suryaningsih melaporkan penyelenggaraan PPD tahun 2023 mendapat respons positif dari masyarakat. 

Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pengunjung lebih dari 30 ribu orang, dengan omzet lebih dari 1,7 miliar rupiah. Jumlah omzet tersebut melebihi target yang diperkirakan sebelumnya, yaitu 1 miliar rupiah. 

"Pameran ini (PPD 2023) berdampak positif terhadap selter PKL Denggung yang mengalami kenaikan omzet penjualannya kurang lebih 50 persen dibanding hari biasa," kata Mae dalam keterangan tertulisnya, Ahad.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraaan PPD tahun 2023. Menurutnya, penyelenggaraan pameran ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Sleman untuk memperkenalkan berbagai potensi yang dimiliki Sleman serta semakin meningkatkan dinamika perekonomian masyarakat Sleman.

"Pameran ini juga mejadi sarana informasi dan edukasi bagi masyarakat untuk semakin mencintai produk asal Sleman sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap budaya daerah," katanya dalam sambutannya.

Danang berharap penyelenggaraan PPD tahun 2023 benar-benar dapat menjadi sarana promosi dan pengembangan potensi unggul, terutama para pengusaha dan perajin UMKM Sleman untuk lebih mengembangkan usahanya.

"Transaksi penjualan maupun pemesanan produk dalam pameran ini tentunya patut disyukuri karena merupakan bukti bahwa penyelenggaraan Pameran Potensi Daerah ini mendapatkan respon yang cukup positif dari masyarakat," ujarnya. 

Dalam penutupan PPD tahun 2023 ini juga diumumkan pemenang berbagai perlombaan yang dilaksanakan selama berlangsungnya PPD 2023, yaitu lomba stand dengan berbagai kategori, lomba pertunjukan rakyat dan lomba menggambar mewarnai. Piagam penghargaan bagi berbagai perlombaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman.

PPD Kabupaten Sleman tahun 2023 berlangsung selama 10 hari mulai 7 Juli 2023 sampai dengan 16 Juli 2023 di Lapangan Denggung, Sleman. Dalam kegiatan tersebut menampilkan potensi daerah multi produk unggulan se-Kabupaten Sleman serta berbagai pertunjukan seni budaya, dan hiburan. Kegiatan PPD tahun 2023 diikuti sebanyak 217 peserta yang terdiri dari 17 Kecamatan, 16 OPD/Instansi, 4 BUMD, 30 Sekolah, 4 Perguruan Tinggi, 58 UMKM binaan dan 88 Swasta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement