Senin 17 Jul 2023 08:25 WIB

Pelatih Persis Solo Komentari Kemenangan Perdana Anak Asuhnya

Leo mengungkapkan dirinya tak terlalu memperhatikan statistik.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Pelatih utama Persis Solo, Leonardo Medina
Foto: Muhammad Noor Alfian
Pelatih utama Persis Solo, Leonardo Medina

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Persis Solo berhasil mengamankan kemenangan perdana saat menjamu Borneo FC dengan skor 2-1 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/7/2023). Kendati Persis mengamankan kemenangan, namun secara statistik mereka tak lebih unggul ketimbang Borneo FC. Secara penguasa bola, Borneo berhasil mengamankan 63 persen dan mendapatkan sembilan peluang.

Menanggapi hal tersebut Pelatih Persis Solo mengatakan bahwa yang terpenting adalah kemenangan dari sebuah pertandingan. "Statistik kadang-kadang tidak seperti yang kita mau. Tetapi, akhirnya, orang-orang sangat keras menekan untuk menang. Dan kadang-kadang orang tidak mempedulikan statistik, dan mereka hanya ingin menang dan kita mencoba melakukan itu dengan baik," kata Leonardo Medina, Sabtu (15/7/2023). 

Baca Juga

"Hari ini saya perlu jujur, saya tidak terlalu memperhatikan statistik. Karena kita ingin menang seperti yang saya bilang kemarin, saya ingin menang dan hari ini kita buktikan dengan kemenangan," katanya menambahkan. 

Leo mengungkapkan Persis bermain lebih menekan dengan intensitas lebih tinggi sehingga bisa mencetak dua gol di babak pertama. Kendati Borneo berhasil mencetak satu gol. 

"Babak pertama kita press lebih tinggi karena itu identitas kita. Identitas persis solo. Tetapi, lawan mau menang juga. Dan, kadang-kadang, lawan press tinggi juga. Kemudian, kita perlu handle situasi itu," katanya. 

Memasuki babak kedua, Leo mengaku ada perubahan formasi. Salah satunya ia mengganti pola dari menyerang menjadi bertahan. Ia juga meminta David ‘Roni’ Gonzalez untuk bermain di posisi playmaker.

"Instruksi saya di tengah, saya meminta pemain-pemain masih main dengan identitas Persis Solo. Kita berubah formasi ya. Kita minta Roni bermain seperti nomor 10. Karena, kita perlu press pemain tengah lawan," katanya. 

Leo juga mengaku melawan Borneo FC juga bukan pertandingan yang mudah. Pihaknya mencoba meng-handle situasi dimana Borneo lebih agresif setelah memasuki babak kedua.  "Pertandingan hari ini sangat susah. Kita tahu bahwa kita layak untuk menang. Kita sangat fokus dalam pertandingan ini karena mereka sangat-sangat bagus," katanya 

"Kita bisa berkembang di dalam menghandle keunggulan karena kita sudah mendapatkan keunggulan di babak pertama. kita bekerja dengan sangat keras Sesekali kita tidak bermain seperti yang kita inginkan. Tetapi, yang terpenting adalah kita mendapatkan poin dan setelah itu menunjukkan bagaimana cara kita bermain," katanya mengakhiri. 

Hal senada juga diungkapkan oleh kiper Persis Solo, Gianluca Pandeynuwu. Ia mengatakan bahwa pihaknya telah mengantisipasi terpaan serangan Borneo di babak kedua.  "Kurang lebih sama sih. Sebelum main kita sudah menganalisa permainan borneo gimana. Jadi waktu pertandingan kita udah bisa antisipasi," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement