Kamis 27 Jul 2023 15:09 WIB

Diprotes Warga, Pemkab Sleman Bersikeras Penampungan Sampah Sementara Tetap di Cangkringan

Secara psikologis masyarakat dinilai akan lebih bisa menerima.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Warga menebang pohon di lokasi yang rencananya untuk tempat pembuangan akhir (TPA) sampah sementara, Dusun Karanggeneng, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Selasa (25/7/2023). Pemda DIY menyiapkan dua hektare tanah kas desa (TKD) di Dusun Karanggeneng sebagai TPA sementara imbas penutupan operasional TPA Piyungan. TPA sementara ini nanti hanya akan beroperasi selama dua bulan saja. Selain itu, TPA sementara ini hanya menampung pembuangan sampah dari Kota Yogyakarta dan Sleman saja.
Foto:

photo
Spanduk bertuliskan penolakan terkait rencana dibangunnya tempat pembuangan sampah sementara terpampang di wilayah Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Rabu (26/7/2023). - (Febrianto Adi Saputro)

 

Banyak Warga Desa Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman menyampaikan penolakannya terkait rencana pemerintah menjadikan wilayah tersebut sebagai tempat penampungan sampah sementara. Penolakan disampaikan warga saat sosialisasi digelar pada Selasa (25/7/2023) malam.

Selain itu warga juga menyampaikan penolakan dengan memasang spanduk di sekitar lokasi yang rencananya akan dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) sementara. Berdasarkan pantauan Republika di lokasi pada Rabu (26/7/2023) siang, terdapat empat spanduk yang dipasang di sekitar jalan masuk menuju lokasi yang akan dijadikan TPS sementara.  "Kami seluruh warga menolak," bunyi tulisan spanduk tersebut.

Spanduk lainnya bertuliskan, "Kami seluruh warga Karanggeneng menolak adanya TPSS di wilayah ini," tulis spanduk tersebut.

"Kami seluruh warga Karanggeneng menolak keras adanya TPSS di wilayah ini," bunyi spanduk lainnya.

Sejumlah warga yang ditemui juga menyampaikan penolakannya. Harto yang sehari-hari berdagang makanan ringan di desa Karanggeneng khawatir akan berdampak bagi kesehatannya. Sebagian warga juga khawatir adanya TPS sementara bisa berdampak pada pariwisata di lokasi tersebut mengingat lokasi tersebut merupakan jalur lava tour Merapi. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement