Senin 14 Aug 2023 16:47 WIB

AVC 2023 di Amikom Yogyakarta Jadi Wadah Sineas Muda Unjuk Karya

Kompetisi ini diikuti 172 film berasal dari 132 sekolah di Indonesia.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Pengumuman pemenang ajang kompetisi Amikom Video Competition (AVC) 2023.
Foto: Dokumen
Pengumuman pemenang ajang kompetisi Amikom Video Competition (AVC) 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Amikom menggelar  awarding kompetisi Amikom Video Competition (AVC) 2023 dengan tema  'Ubah Ketakutan Menjadi Harapan'  di  Ruang Cinema Amikom Yogyakarta pada Sabtu (12/8/2023). Acara ini dihadiri oleh para nominasi dari berbagai daerah, yang telah berkompetisi dalam acara tersebut.

Gelaran keempat AVC 2023 ini bertujuan untuk mengajak para sineas untuk bisa mengangkat isu yang sering dirasakan anak-anak SMA, yang kadang takut dan insecure dengan masa depan mereka. Ketakutan tersebut bisa diubah menjadi harapan yang bisa menimbulkan hal-hal baik didiri kita.

Penanggungjawab AVC 2023, Dony Ariyus, mengapresiasi antusiasme peserta dalam AVC 2023. Ia menekankan banyaknya sekolah dari berbagai daerah di Indonesia yang turut serta dalam acara ini menjadi bukti nyata semangat dan animo yang menggerakkan industri perfilman dan animasi di Tanah Air.

"Kami berharap, ke depannya akan lebih banyak sekolah yang bisa mengikuti ajang tahunan ini. Karena ajang ini adalah wadah bagi para sineas muda untuk berkompetisi," kata Dony.

Wakil Rektor 4 Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Amikom Yogyakarta, Arief Setyanto, berterima kasih atas terselenggaranya acara yang dipenuhi oleh kreativitas anak-anak muda tersebut. Menurut dia, perkembangan masa depan Indonesia akan ditentukan oleh sejauh mana imajinasi mampu berkembang.

Dan film menjadi salah satu sarana utama dalam mengembangkan daya imajinasi kreatif. “Imagine what you can do in the future, that's what a million dreams tell about us,” ujarnya dengan penuh inspirasi.

Kompetisi Amikom Video Competition 2023 ini merupakan wujud semangat Amikom Yogyakarta dalam mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia. Melalui karya-karya yang dihasilkan, diharapkan pesan positif dan inspiratif dari generasi muda dapat merambah masyarakat lebih luas.

Ia juga berharap ajang ini dapat memberikan dorongan bagi para sineas muda Indonesia untuk terus berkarya dan mengembangkan bakat mereka.  AVC 2023 diikuti oleh 172 film yang berasal dari 132 sekolah dari berbagai daerah di Indonesia.

Melalui proses kurasi yang ketat, akhirnya terpilih 98 video, yang terdiri dari 68 video pendek dan 30 video animasi. Karya-karya ini memperlihatkan keragaman bakat dan ide dari generasi muda Indonesia dalam mengolah cerita melalui medium audiovisual.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, akhirnya terpilih para pemenang AVC 2023 yang dibagi dalam 13 kategori.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement