Senin 21 Aug 2023 14:44 WIB

Sosialisasikan Ganjar Lewat Tempel Stiker, Gibran: Saya Hanya Ikut Arahan Partai

Gibran mengatakan dampaknya akan terlihat pada hasil survei.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Gibran Rakabuming Raka
Foto: Republika/Muhammad Noor Alfian Choir
Gibran Rakabuming Raka

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terus melakukan langkah menyosialisasikan bakal calon presiden Ganjar Pranowo melalui penempelan stiker di rumah masyarakat. Hal tersebut merupakan instruksi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ditanya apakah langkah tersebut efektif untuk menaikkan elektabilitas Ganjar, Gibran mengatakan dampaknya akan terlihat pada hasil survei. Pasalnya, ia hanya mengikuti arahan partai untuk menempelkan stiker. 

Baca Juga

"Ya nanti dilihat saja surveinya naik apa turun. Entar kelihatan juga. Saya hanya mengikuti arahan partai menempel stiker (Ganjar)," kata Gibran di balai kota Solo, Senin (21/8/2023). 

"Ya tergantung instruksi saja. Ya kuwi ndek ingi wis tak lakukan (yaitu kemarin sudah saya lakukan). Sesuai instruksi partai (termasuk memasang stiker Ganjar)," katanya menambahkan. 

Gibran mengatakan pemasangan telah dilakukan sesuai izin pemilik rumah. Pasalnya, jika tidak diizinkan tidak akan dilakukan pemasangan. 

"Itu kita lakukan seizin yang punya rumah. Saya melakukan itu di depan yang punya rumah. Kalau yang punya rumah mengizinkan baru kita pasang. Kalau nggak (diizinkan) yang nggak usah (dipasang)," katanya.

Selain itu, Gibran mengatakan pemasangan stiker bergambar Bacapres Ganjar dan Presiden Jokowi tidak hanya dilakukan di Solo saja. Namun, dilakukan di semua wilayah Indonesia sesuai dengan instruksi DPP.

"Pemasangan stiker dilakukan di semua kota ya. Dudu aku tok (tidak cuma saya sendiri). Saya hanya mengikuti arahan partai," katanya.

Selain penempelan stiker, Gibran juga mengungkapkan jalan sehat yang diikuti oleh belasan ribu warga juga rutin dilakukan. "Tiap Minggu pagi kita jalan sehat orangnya puluhan ribu juga. Kita sudah sesuai instruksi partai. Rutin (dilaksanakan)," katanya menambahkan

Diberitakan sebelumnya, hasil survei Litbang Kompas pada 27 Juli-7 Agustus 2023 menunjukkan, elektabilitas bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul saat head to head dengan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

Seperti diketahui, berdasarkan hasil survei tersebut Bacapres Prabowo Subianto unggul atas Ganjar Pranowo jika pemilihan presiden digelar saat survei dilaksanakan. Survei menunjukkan Prabowo memperoleh 52,9 persen, sedangkan Ganjar 47,1 persen.

Jika Prabowo berhadapan dengan Anies, Ketua Umum Partai Gerindra itu juga unggul, bahkan selisihnya lebih lebar. Yakni Prabowo 65,2 persen berbanding dengan Anies 34,8 persen. 

Sedangkan, Jarak elektabilitas Anies juga terpaut jauh jika head to head dengan Ganjar. Ganjar 60,1 persen dan Anies 39,9 persen jika keduanya berhadapan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement