Kamis 12 Oct 2023 17:10 WIB

Polresta Yogyakarta Gelar Sispamkota Persiapan Pengamanan Pemilu 2024 

Saiful menyebut Simpamkota mencakup berbagai aspek.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Kegiatan Sispamkota yang digelar di lapangan Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Kamis (12/10/2023) dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024.
Foto: Polresta Yogyakarta
Kegiatan Sispamkota yang digelar di lapangan Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Kamis (12/10/2023) dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Polresta Yogyakarta menggelar Pelatihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di lapangan Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Kamis (12/10/2023). Pelatihan ini digelar untuk persiapan pengamanan pemilu 2024. 

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Saiful Anwar mengatakan, keamanan selama berlangsungnya proses Pemilihan Umum 2024 menjadi aspek penting untuk mengawal berlangsungnya pesta demokrasi yang aman dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dijelaskan, Sispamkota tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan penanganan konflik sosial. Selain itu, Sispamkota ini juga untuk menjaga kesiapan dalam pengamanan selama pelaksanaan pemilu 2024 mendatang.

"Pelatihan ini digelar supaya ada gambaran terkait situasi yang akan kita hadapi. Kita antisipasi hingga situasi terburuk," kata Saiful di lapangan Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Kamis (12/10/2023). 

Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai instansi terkait pengamanan pemilu 2024 di Kota Yogyakarta. Mulai dari TNI, personel Polresta Yogyakarta, hingga Satpol PP Kota Yogyakarta. 

Saiful menyebut Simpamkota ini mencakup berbagai aspek. Mulai dari aspek manajemen kerumunan, penanganan konflik, pengetahuan tentang hukum pemilu, serta aspek koordinasi antara berbagai lembaga penegak hukum dan pemerintah daerah. 

Melalui digelarnya Sispamkota ini, juga diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme aparat kepolisian dan instansi terkait. Utamanya dalam menjaga keamanan, serta mendukung pelaksanaan pemilu yang aman dan damai di wilayah Kota Yogyakarta.

"Walaupun situasi Kota Yogyakarta aman dan kondusif, tetap kita harus mempersiapkan diri mengantisipasi segala kemungkinan yang ada," ucap Saiful. 

Saiful juga menuturkan bahwa kegiatan ini akan memperkuat sinergi antara berbagai lembaga yang terlibat dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement