Selasa 31 Oct 2023 03:14 WIB

Sleman Resmikan Lima Program Padat Karya di Kapanewon Minggir

Program ini diharapkan dapat membuka peluang usaha masyarakat.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
  Peresmian program padat karya lima tempat di wilayah Kapanewon Minggir, Sleman.
Foto: Dokumen
Peresmian program padat karya lima tempat di wilayah Kapanewon Minggir, Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meresmikan hasil program padat karya lima tempat di wilayah Kapanewon Minggir. Peresmian padat karya ini dipusatkan di Padukuhan Daratan II, Kalurahan Sendangarum, yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh bupati Sleman.

Kustini menyampaikan pelaksanaan program padat karya merupakan bentuk komitmen Pemkab Sleman memberikan kemudahan akses bagi masyarakat meningkatkan produktivitas serta menumbuhkan konektivitas antar wilayah melalui pembangunan infrastruktur.

Selain memberi kemudahan akses, Kustini menilai pelaksanaan padat karya juga menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan padat karya melibatkan masyarakat secara langsung sehingga membuka lapangan kerja masyarakat di tingkat Kalurahan.

"Melalui Padat Karya Produktif ini diharapkan dapat membuka peluang usaha masyarakat, sehingga mampu mengurangi pengangguran yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Kustini dalam keterangannya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara sarana prasarana yang telah dibangun dalam prograk padat karya, sehingga manfaatnya akan terus dirasakan oleh masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, bupati juga meresmikan pembangunan jembatan yang terletak di Dusun Daratan II yang dibangun melalui dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Kalurahan Sendangarum, Minggir.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sleman, Sutiasih, melaporkan program padat karya ini merupakan program pemberdayaan masyarakat kalurahan dalam pembangunan di wilayahnya.

Pelaksanaan padat karya di wilayah Minggir dilakukan di lima lokasi yaitu Dusun Daratan I, Kalurahan Sendangarum berupa talud irigasi, Dusun Kedungprahu, Kalurahan Sendangrejo berupa talud jalan, Dusun Sutan.

Kemudian, Kalurahan Sendangsari berupa talud jalan, Dusun Dagen, Kalurahan Sumberrahayu berupa talud jalan, dan Dusun Berakan, Kalurahan Sumberrahayu berupa talud irigasi.

"Pada tahun ini (2023) Pemkab Sleman menganggarkan padat karya 17 lokasi di 17 kapanewon. Salah satunya di Kapanewon Minggir yang dipusatkan di Kalurahan Sendangarum," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement