Sabtu 04 Nov 2023 09:27 WIB

Panitia Haul Habib Ali di Solo Sediakan Dua Ribu Roti untuk Tamu dan Jamaah

Ada relawan dari warga yang membantu memasak nasi kebuli dan roti.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Persiapan konsumsi ribuan roti untuk sambut tamu dan jamaah Haul Habib Ali, Sabtu (4/11/2023).
Foto: Dokumen
Persiapan konsumsi ribuan roti untuk sambut tamu dan jamaah Haul Habib Ali, Sabtu (4/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Panitia peringatan Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Solo, Jawa Tengah, menyiapkan 2.000 roti untuk menjamu tamu dan jamaah yang hadir selama acara.

Keturunan Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, yakni Habib Ali bin Hasan Al Habsyi yang sekaligus panitia mengatakan, ada puluhan ribu massa yang hadir. Baik dari Indonesia maupun yang luar negeri.

“Jumlah roti yang disiapkan sebanyak 2.000 roti. Ini buat sarapan pagi sebelum acara haul dimulai. Untuk tamu undangan juga,” kata Habib Ali, Sabtu (4/11/2023).

Habib Ali bin Hasan Al Habsyi menjelaskan acara haul dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Acara diawali dengan pembacaan Surat Yasin, tahlil, dan penyampaian sejarah singkat kehidupan Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi.

 

Roti yang disiapkan itu dibagikan kepada keluarga inti dan tamu undangan untuk sarapan. “Ada relawan dari warga yang membantu memasak nasi kebuli dan roti. Untuk nasi kebuli memang cukup banyak. Nanti dibagikan kepada jamaah yang mengikuti haul,” ujarnya.

Produksi roti dalam jumlah yang cukup besar mencapai ribuan potong roti, telah dimulai beberapa hari sebelum acara haul. Para pekerja bekerja mulai dari pagi hingga sore untuk memproduksi roti tersebut.

Ribuan roti ini kemudian disimpan di rak khusus dan akan disajikan kepada tamu undangan. “Biasanya, jamaah tidur di trotoar depan masjid sebelum acara haul. Jamaah dari daerah lain biasanya datang sehari sebelum acara haul,” ungkap dia.

Panitia juga menyiapkan lima ton beras dan 500 ekor kambing untuk menyambut para tamu dan jamaah. Setelah acara haul selesai, nasi kebuli akan dibagikan kepada para hadirin.

Nasi kebuli ini akan disajikan di nampan besar yang dapat dinikmati bersama oleh kelompok yang terdiri dari lima hingga sepuluh orang sekaligus.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement