Senin 06 Nov 2023 10:57 WIB

Gelar Budaya Trihanggo Gamping, Wabup Sleman: Sarana Warga Bergotong Royong

Terdapat 12 Bregada yang melakukan kirab budaya.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kirab Budaya Merti Bumi bertajuk Bala Semesta Kalurahan Trihanggo Gamping, Sleman, DIY.
Foto: Dokumen
Kirab Budaya Merti Bumi bertajuk Bala Semesta Kalurahan Trihanggo Gamping, Sleman, DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menghadiri Kirab Budaya Merti Bumi bertajuk Bala Semesta Kalurahan Trihanggo Gamping, di Lapangan Kalurahan Trihanggo Gamping, Ahad (5/11/2023).

Pada kesempatan itu, Danang mengajak seluruh warga masyarakat Trihanggo untuk memaknai Merti Bumi sebagai sarana untuk gumregah, gotong royong, serta nguri-uri budoyo.

"Momentum Merti Bumi ini mari kita sama sama maknai sebagai sarana untuk saling bergotong royong, gumregah, dan sekaligus wujud kepedulian masyarakat Trihanggo akan pentingnya melestarikan budaya melalui berbagai penampilan dan kreatifitas dari masing-masing Padukuhan," katanya.

Danang mendukung dan mengapresiasi antusiasme warga Trihanggo yang memeriahkan Merti Bumi Bala Semesta. Momentum ini harus dimaknai masyarakat sebagai sarana menjalin gotong-royong dan wujud gumregah masyarakat untuk sadar dan peduli akan pentingnya melestarikan budaya dan potensi lainnya yang ada di Kalurahan Trihanggo

Sementara itu, koordinator acara Merti Bumi Bala Semesta Trihanggo, Suyana WH melaporkan, terdapat 12 Bregada yang melakukan kirab. Bregada ini merupakan perwakilan dari 12 padukuhan yang ada di Trihanggo dan berasal dari tiga kalurahan lama, yakni Kronggahan, Jambon, dan Biru.

Hadir pula dalam acara tersebut Gusti Kanjeng Ratu Hemas beserta KPH Purbodiningrat dan KPH Yudhanegara yang sekaligus melakukan penyebaran udhik-udhik kepada masyarakat Trihanggo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement