Selasa 21 Nov 2023 16:17 WIB

Jajaki Peluang Pasar Digital, Mahasiswa Amikom Gelar Pelatihan di Komunitas UMKM Donoharjo

Memaksimalkan potensi melalui Instagram dan Shopee dinilai penting.

Para mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta dan para peserta usai terselenggaranya kegiatan pelatihan penggunaan media sosial Instagram dan marketplace Shopee kepada Forum Komunitas UMKM Kreasi Donoharjo. Pelatihan dilakukan di Embung Jetis Suruh Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Sabtu (11/11/2023).
Foto: dokpri
Para mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta dan para peserta usai terselenggaranya kegiatan pelatihan penggunaan media sosial Instagram dan marketplace Shopee kepada Forum Komunitas UMKM Kreasi Donoharjo. Pelatihan dilakukan di Embung Jetis Suruh Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Sabtu (11/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta baru-baru ini mengadakan kegiatan pelatihan penggunaan media sosial Instagram dan marketplace Shopee kepada Forum Komunitas UMKM Kreasi Donoharjo. Pelatihan dilakukan di Embung Jetis Suruh, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Sabtu (11/11/2023).

Kegiatan tersebut merupakan program kerja dari Insthink Production yang merupakan kelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Amikom sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat demi meningkatkan kapabilitas SDM serta transfer knowledge kepada pelaku UMKM setempat khususnya menyasar pada ranah komunikasi, marketing, serta manajemen digital.

Pelatihan yang mengangkat tema 'Membangun Brand UMKM Donoharjo Melalui Pelatihan Media Sosial Instagram dan Marketplace Shopee: Strategi Sukses Di Era Digital' tersebut diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari ketua Forum Komunitas UMKM Kreasi Donoharjo, jajaran petinggi kelurahan, serta para pelaku UMKM.

Pelatihan ini menggandeng salah seorang Dosen Universitas Amikom Yogyakarta, Wajar Bimantoro Suminto, sebagai pemateri. Pelatihan tersebut juga diadakan sebagai bagian dari tugas mata kuliah Proyek Sosial yang diampu oleh dua dosen Amikom yaitu Alvian Alrasid Ajibulloh dan Nurfian Yudhistira.

 

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menyalurkan praktik belajar selama satu semester bagi mahasiswa untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapat untuk ditelurkan pada masyarakat salah satunya adalah tentang pengelolaan media sosial Instagram dan marketplace Shopee. Hal itu dilakukan agar para pelaku UMKM di Donoharjo bisa memaksimalkan penggunaan media sosial dan dapat lebih terbuka wawasannya dalam bidang e-commerce sehingga dapat mengembangkan bisnis mereka di era digital seperti saat ini.

Ketua Divisi Perencanaan Desa Donoharjo, Sefi, menjelaskan pentingnya masyarakat Donoharjo untuk dapat memaksimalkan potensi dari media sosial dan juga marketplace Shopee yang tujuannya sebagai media dalam memperluas jangkauan pasar dari usaha yang digeluti.

"Pelatihan ini diharapkan dapat membantu masyarakat Donoharjo untuk lebih aktif dan menggali potensi mereka melalui Instagram dan Shopee untuk meningkatkan personal branding dan juga membangun ekosistem usaha yang mandiri untuk menyokong roda ekonomi masyarakat Donoharjo," ujar Sefi.

UMKM Kreasi Donoharjo memiliki potensi yang sangat besar dan dapat menjadi peluang salah satu pendongkrak kemakmuran usaha yang berada di wilayah Ngaglik, Kabupaten Sleman untuk meningkatkan awareness dari masyarakat sekitar dalam mencintai produk lokal yang tak kalah bagus dan bersaing. 

Tidak hanya dibekali dengan sejumlah pelatihan, masyarakat Donoharjo juga dicarikan solusi atas permasalahan dari para mahasiswa Ilmu Komunikasi Amikom. Para mahasiswa turut membantu dalam monitoring pelatihan serta pendampingan praktik selama kegiatan berlangsung dan akan terus melakukan pemantauan agar menjadi dukungan positif dalam menerapkan ilmu yang didapat melalui tugas dan forum diskusi yang dibuatkan pada WhatsApp Group (WAG). 

"Pelatihan ini sangat membantu anggota UMKM Donoharjo dalam penggunaan media sosial dan marketplace. Pelatihan yang dilakukan dengan beberapa sesi ini memudahkan peserta dalam belajar. Harapan saya semoga semakin banyak generasi muda yang membagikan ilmu mereka kepada masyarakat yang membutuhkan sehingga dapat lebih paham mengenai teknologi baru," ujar ketua Forum Komunitas UMKM Kreasi Donoharjo, Upik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement