Kamis 23 Nov 2023 09:48 WIB

Pacu Sektor Perikanan, Pemkab Sleman Bantu Sarana Budi Daya Ikan Nila

Total bantuan terdiri tiga buah kincir dan 12 buah pompa hisap.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyerahkan bantuan sarana prasarana budi daya ikan nila di Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI) Makmur Lestari.
Foto: Dokumen
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyerahkan bantuan sarana prasarana budi daya ikan nila di Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI) Makmur Lestari.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyerahkan bantuan sarana prasarana budi daya ikan nila, Rabu (22/11/2023) untuk Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI) Makmur Lestari, Tambakbayan, Depok, Sleman. Sebanyak 15 sarana budi daya ikan nila diserahkan Kustini secara simbolis kepada 15 KPI se- Sleman pada acara tersebut.

Kustini mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan itu. Menurutnya ini adalah bentuk komitmen Pemkab Sleman untuk mengembalikan dana hibah dari pemerintah pusat kepada masyarakat, agar dapat dimanfaatkan serta dinikmati oleh masyarakat.

"Semoga bantuan ini bermanfaat, produksi ikannya bisa lebih tinggi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono, menjelaskan total bantuan tersebut terdiri tiga buah kincir dan 12 buah pompa hisap.

 

"Dana sebesar Rp 171,5 juta untuk sektor perikanan digunakan untuk penyediaan sarana budi daya nila dengan kincir untuk tiga kelompok pembudidaya ikan dan pompa hisap untuk 12 kelompok pembudidaya ikan di wilayah Sleman," kata dia.

Ia menjelaskan bantuan ini merupakan implementasi dana insentif dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri Dana itu diberikan sebagai penghargaan kepada Kabupaten Sleman yang dinilai berhasil mengendalikan inflasi daerah.

"Di 2023 ini Pemerintah Kabupaten Sleman menerima insentif sebesar Rp 10,2 miliar, untuk sektor pertanian, pemkab mengalokasikan anggaran Rp 1,9 miliar," ungkapnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement