Senin 04 Dec 2023 06:11 WIB

Pemkab Sleman Anugerahi Penghargaan Kepada Enam Seniman 

Kustini menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap pelaksanaan penghargaan ini.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyerahkan secara langsung penghargaan Anugerah Kebudayaan kepada 6 Seniman/Budayawan Sleman dari enam kategori di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Sabtu (2/11/2023).
Foto: Humas Pemkab Sleman
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyerahkan secara langsung penghargaan Anugerah Kebudayaan kepada 6 Seniman/Budayawan Sleman dari enam kategori di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Sabtu (2/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Anugerah Kebudayaan Kabupaten Sleman 2023, pada Sabtu (2/12/2023) di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyerahkan secara langsung penghargaan Anugrah Kebudayaan kepada enam Seniman/Budayawan Sleman dari enam kategori.

Enam kategori penghargaan Anugerah Kebudayaan yang diberikan kepada enam Seniman & Budayawan antara lain Niha Khoirunnisa kategori anak-anak beprestasi di bidang kebudayaan, Wahjudi Djaja kategori Budayawan, Agus Sukina kategori Kreator, Agus Budi Nugroho kategori pelestari/pelaku seni, Mbah Asih kategori pelestari/pelaku tradisi budaya, dan Korem 0732/Pamungkas selaku pengelola Bangunan Cagar Budaya Wisma Kaliurang untuk kategori pelestari/pelaku warisan budaya atau cagar budaya

Kustini menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap pelaksanaan penghargaan ini. Menurutnya Pemerintah Kabupaten Sleman akan terus memberikan dukungan serta perhatian terhadap kegiatan yang termasuk dalam pemajuan dan pelestarian Kebudayaan di Kabupaten Sleman.

Ia juga berharap dengan adanya salah satu penerima penghargaan yang berasal dari kalangan generasi muda, kedepan estafet pelestarian kebudayaan di Sleman terus dilakukan regenerasi dari seniman senior kepada junior.

"Semoga dengan penghargaan ini dapat memotivasi seniman Sleman untuk berkarya. Terlebih lagi ada salah satu penerima penghargaan dari generasi muda, sehingga saya harap ada estafet dari seniman senior kepada seniman junior dalam melestarikan kebudayaan di Kabupaten Sleman," ucapnya. 

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Sleman, Edy Winarya melaporkan Anugerah Kebudayaan Kabupaten Sleman 2023 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada seniman dan budayawan, sekaligus untuk mendorong partisipasi masyarakat sehingga bisa berperan secara aktif dalam pelestarian budaya. 

"Penghargaan Anugerah Kebudayaan Sleman diberikan kepada pihak yang berprestasi atau berkontribusi luar biasa sesuai dengan prestasi dan kontribusinya dalam Pemajuan Kebudayaan di Kabupaten Sleman,” kata Edy.

Ia menambahkan penetapan calon penerima penghargaan dilaksanakan melalui verifikasi dan penilaian terhadap usulan bakal calon penerima penghargaan yang masuk baik dari Kapanewon, Organisasi/Kelompok Masyarakat Kebudayaan dan perorangan. Nantinya usulan yang masuk akan dilakukan penilaian tim juri yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman nomor 36/Kep.Ka.Dinas Kebudayaan/2023. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement