Senin 04 Dec 2023 13:03 WIB

BMKG: Hujan Disertai Petir Berpotensi Guyur DIY Siang atau Sore Ini

Suhu udara diperkirakan mencapai 23-31 derajat Celcius.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Ilustrasi hujan
Foto: EPA/Alaa Badarneh
Ilustrasi hujan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA menyebut Senin (4/12/2023) ini berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di DIY. Kondisi ini diperkirakan akan terjadi pada siang hingga sore hari.

Untuk itu, masyarakat diminta agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di DIY. Hal ini mengingat hujan tersebut dapat disertai kilat/petir, dan angin kencang.

Kondisi cuaca dengan potensi hujan dengan intensitas sedang-hingga lebat ini sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir di DIY. Hal ini mengingat DIY sudah memasuki musim hujan sejak November 2023 lalu.

"Waspada potensi hujan sedang–lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Sleman, Kota Yogyakarta, Gunungkidul bagian utara, Bantul bagian utara, serta tengah dan Kulonprogo bagian utara," kata BMKG Stamet YIA, Senin (4/12/2023).

Sementara itu, untuk untuk suhu udara diperkirakan mencapai 23-31 derajat celcius pada Senin (4/12/2023) ini. Sedangkan, kelembaban udara dikatakan BMKG dapat mencapai 70-97 persen.

Lebih lanjut dikatakan angin bertiup dari arah tenggara ke barat daya dengan kecepatan maksimum 20 kilometer per jam. Untuk itu, BMKG Stamet YIA pun memperkirakan tinggi gelombang laut di perairan selatan DIY berkisar antara 1,25 meter hingga 2,5 meter.

"Perkiraan tinggi gelombang laut di perairan Yogyakarta masuk kategori sedang," ucap BMKG Stamet YIA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement