Selasa 05 Dec 2023 11:04 WIB

PAN Beri Rekomendasi Khofifah Maju Pilgub Jatim 2024, Emil Dardak: Demokrat Menyusul

Emil hanya menyampaikan jawaban singkat berisi permohonan doa.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak
Foto: Republika/Prayogi
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, mengaku senang atas pemberian rekomendasi oleh PAN kepada Khofifah Indar Parawansa, untuk maju Pilgub Jatim 2024. Pria yang juga menjabat wakil Gubernur Jatim itu menyatakan, partainya akan segera menyusul memberikan rekomendasi yang sama.

"Kami bahagia Ibu Gubernur sudah dapat rekomendasi, Demokrat nyusul," kata Emil.

Baca Juga

Saat ditanya kemungkinan dirinya tetap maju sebagai Cawagub Khofifah di Pilgub 2024, Emil belum berani memberi jawaban tegas. Emil hanya menyampaikan jawaban singkat berisi permohonan doa. "Mohon doanya, mohon doanya," ujarnya.

Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi partai politik pertama yang memberikan surat rekomendasi bagi Cagub yang akan berkontestasi di Pilgub Jatim 2024. Cagub yang dipilih adalah Khofifah Indar Parawansa, yang merupakan Gubernur Jatim periode 2019-2023.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengungkapkan alasan melabuhkan dukungan kepada Khofifah di Pilgub Jatim 2024. Alasan pertama, karena Khofifah dirasanya berhasil membangun Jatim. Alasan selanjutnya, karena kemampuan dan integritasnya yang telah teruji. Alasan terakhir karena yang bersangkutan adalah perempuan.

"Satu, sukses, berhasil, membangun Jawa Timur. Kedua, memang dari dulu saya tahu persis karakter, kemampuan, integritas, Ibu Khofifah. Dan yang paling penting lagi, perempuan," kata Zulhas.

Zulhas memastikan, rekomendasi yang diberikan baru untuk calon gubernur saja. Artinya, PAN belum memberikan rekomendasi Cawagub yang akan mendampingi Khofifah di Pilgub 2024. Namun demikian, Zulhas berharap Cawagub pendamping Khofifah berasal dari PAN.

"Rekomnya baru Cagub. (Cawagubnya) nanti kader PAN dong," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement