Rabu 06 Dec 2023 01:42 WIB

Pastikan Normalisasi Jalur KA, Dirut KAI Tinjau Jalur Terdampak Longsor Banyumas

Pukul 19.00, Selasa (5/12) jalur hulu sudah rampung dievakuasi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
  Dirut KAI Didiek Hartantyo meninjau kondisi jalur KA yang terdampak longsor di KM 340+100 Banyumas.
Foto: Dokumen
Dirut KAI Didiek Hartantyo meninjau kondisi jalur KA yang terdampak longsor di KM 340+100 Banyumas.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO - PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan upaya normalisasi jalur KA yang terdampak longsor akibat curah hujan yang tinggi di KM 340+100 petak jalan antara Stasiun Karanggandul - Karangsari pada Senin (4/12/2023) dini hari.

Atas sejumlah upaya percepatan perbaikan jalur KA yang terdampak longsor oleh tim gabungan KAI Daop 5 Purwokerto, DJKA Kemenhub, Balai Teknik Perkeretaapian Semarang, dan Satuan Pelaksana Purwokerto, dan kewilayahan setempat, jalur hilir di titik yang terdampak longsor sudah dapat dilalui oleh semua KA dengan kecepatan terbatas pada Selasa (5/12/2023) pukul 03.41 WIB.

"Sementara untuk jalur hulu di titik lokasi yang sama masih dalam proses penanganan penyelesaian evakuasi. Oleh karena itu, seluruh perjalanan KA yang melewati titik lokasi diatur beroperasi di jalur hilir yang sudah dinormalisasi dan dinyatakan aman dilalui dengan kecepatan terbatas," ujar Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih.

Guna memastikan proses normalisasi berjalan dengan baik serta memberikan arahan-arahan terkait safety pada jajaran yang bertugas di lapangan, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo meninjau langsung proses evakuasi jalur KA yang terdampak longsor di KM 340+100 petak jalan Karanggandul - Karangsari pada Selasa (5/12/2023).

 

Bersama jajaran direksi KAI lainnya, Didiek Hartantyo turun langsung meninjau kondisi jalur KA dan proses normalisasi yang tengah berlangsung. Ia mengatakan KAI berkomitmen melakukan upaya agar proses normalisasi jalur hulu segera teratasi sehingga kedua jalur kembali dapat beroperasi melayani pelanggan KA.

"Pada pukul 19.00, Selasa (5/12) jalur hulu sudah rampung dievakuasi dan dapat dilalui KA dengan kecepatan terbatas. Apresiasi setinggi -tingginya kami sampaikan kepada seluruh petugas lapangan KAI dan seluruh pihak yang telah terlibat dalam proses normalisasi jalur ini,” ujarnya.

KA 224 Kutojaya Utara relasi Jakarta Kota-Kutojaya menjadi kereta api pertama yang melintasi jalur hulu usai rampungnya proses evakuasi. Kini kedua jalur di titik lokasi sudah dapat kembali melayani dengan kecepatan yang dibatasi.

Didiek menambahkan, KAI tetap berkomitmen menjaga keselamatan perjalanan kereta api dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam proses evakuasi jalur KA sejak hari pertama hingga rampung pada hari ini. KAI juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan pelanggan telah memilih jasa transportasi kereta api.

"KAI juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan atas keterlambatan keberangkatan dan kedatangan KA serta ketidaknyamanan yang terjadi sebagai dampak dari adanya longsoran" kata Didiek.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement