Rabu 10 Jan 2024 15:04 WIB

Sri Purnomo: Renovasi Bakal Perkuat Stadion Maguwoharjo Sebagai Ikon Baru Sleman

Stadion Maguwoharjo dinilai perlu diperbaharui dengan standar kelayakan terbaru.

Stadion Maguwoharjo Sleman, DIY.
Foto: Yusuf Assidiq
Stadion Maguwoharjo Sleman, DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Stadion Maguwoharjo bakal segera direnovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). KemenPUPR memasukkan Stadion Maguwoharjo dalam daftar 19 stadion di Indonesia yang mendapatkan perbaikan di tahun 2024.

Caleg DPR RI DIY, Sri Purnomo menyambut baik rencana renovasi yang bakal menelan anggaran sebesar Rp 124 Miliar tersebut. Menurutnya, kondisi stadion yang terletak di Maguwoharjo itu perlu diperbaharui dengan standar kelayakan terbaru.

"Berkaca dari kejadian di Malang, memang stadion-stadion yang kita miliki hari ini harus mendapatkan perhatian serius. Tentu standarnya harus disesuaikan dengan FIFA sebagai organisasi tertinggi olahraga sepak bola," kata Sri Purnomo melalui keterangan tertulisnya, Selasa (9/1/2023).

Selain untuk membenahi sistem keamanan dan keselamatan yang lebih layak, Sri Purnomo menyebut dengan standar stadion yang lebih baik akan memudahkan menarik penyelenggaran olahraga sepak bola tingkat dunia ke Indonesia. 

Hal ini tentu saja bakal menimbulkan efek domino yang besar dan positif terutama di sektor perekonomian dan pariwisata. 

"Ya seperti tahun ini akan diselenggarakan piala dunia U-20. Sebelumnya sudah digelar juga piala dunia U-17. Ya memang skalanya baru yang usia itu, tapi jika infrastruktur stadion dan sarana penunjang lainnya ini terus dibenahi, bukan tidak mungkin ajang piala dunia yang paling tinggi bisa dilaksanakan di Indonesia," kata Sri Purnomo.

Sri Purnomo juga menilai renovasi stadion Maguwoharjo juga bakal menjadi ikon baru Sleman yang lebih kuat. Selama ini Sleman dikenal dengan Gunung Merapi, Candi Prambanan, dan sedikit juga soal Elang Jawa.

"Ya bisa jadi ikon baru Sleman juga. Selama ini sudah jadi ikon juga, tapi kalau diperbarui dengan bentuk yang lebih bagus dan gagah, tentu itu lebih menguatkan lagi (ikon Sleman)," tutur Sri Purnomo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement