Rabu 14 Feb 2024 22:23 WIB

Antisipasi KPPS Kelelahan, Pemkot Solo Siagakan Fasilitas Kesehatan

Dinkes Kota Solo menyiagakan puskesmas dan rumah sakit.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo, Setyowati.
Foto: Republika/Alfian choir
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo, Setyowati.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo (Surakarta), Jawa Tengah, menyiagakan fasilitas kesehatan mengantisipasi adanya anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang kelelahan atau mengalami gangguan kesehatan saat menjalankan tugas Pemilu 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo, Setyowati, mengatakan, petugas kesehatan disiagakan di setiap puskesmas. “Di puskesmas itu kami ada yang jaga, standby dari jam 09.00-21.00 WIB. Selain itu, juga dalam bentuk on call,” kata dia di Solo, Rabu (14/2/2024).

Baca Juga

Menurut Setyowati, selain perawat, disiagakan juga pengemudi ambulans yang siap bertugas setiap saat. Ia mengatakan, fasilitas rawat inap di sejumlah puskesmas pun dibuka. Sedangkan, fasilitas kesehatan lain, yakni rumah sakit, siaga 24 jam.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengingatkan anggota KPPS untuk menjaga kondisi diri saat menjalankan tugas. “Yang penting jangan kecapekan (kelelahan),” ujar dia.

Gibran juga sudah meminta Dinkes untuk memastikan petugas KPPS terlindungi oleh BPJS Kesehatan. “Itu sesuai dengan request Ketua KPU,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement