Rabu 20 Mar 2024 15:30 WIB

Pasar Lebaran 2024 di Kabupaten Sleman Digelar Mulai Besok

Ada lebih dari seratus UMKM dan gerakan koperasi yang meramaikan Pasar Lebaran.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Irfan Fitrat
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Tina Hastani.
Foto: Republiika/Febrianto Adi Saputro
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Tina Hastani.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan menyelenggarakan Pasar Lebaran 2024 mulai Kamis (21/3/2023). Kegiatan yang dilaksanakan hingga Ahad (24/3/2024) itu digelar di sisi utara Lapangan Pemkab Sleman.

“Kegiatan kali ini mengambil tema ‘Borong Bareng Produk Sleman, Lebaran Makin Berkesan’,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Sleman Tina Hastani di Pendopo Parasamya Kantor Pemkab Sleman, Rabu (20/3/2024). 

Baca Juga

Tina mengatakan, Pasar Lebaran akan dimeriahkan bazar yang melibatkan 103 pelaku UMKM dan delapan gerakan koperasi. “Produk yang dipamerkan ada kuliner (makanan kering dan siap saji) 72 stan, fashion 24 stan, kerajinan 12 stan, dan tanaman lima stan,” ujarnya.

Ada juga kegiatan pembagian bahan pokok dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sleman bagi keluarga kurang mampu di padukuhan sekitar kantor Pemkab Sleman. Total disiapkan 100 paket bahan pokok, dengan nilai masing-masing Rp 100 ribu.

Dalam rangka menyambut kegiatan TPID Semar Mesem Ramadhan Berkah, menurut Tina, akan digelar juga agenda pasar murah yang menawarkan berbagai macam komoditas, seperti beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, tepung beras, telur, ayam, dan produk olahan ayam.

Selain itu, akan ada sejumlah perlombaan, seperti lomba pembuatan hamper untuk UMKM. Kemudian lomba antarperangkat daerah Pemkab Sleman, seperti Kuis Sleman Sembada dan lomba yel-yel, yang akan digelar pada Kamis (21/3/2024). Direncanakan juga lomba fashion show perangkat daerah, yang akan dilangsungkan pada Jumat (22/3/2024).

“Kemudian lomba yang bisa diikuti oleh umum, baik anak-anak maupun remaja. Ada mewarnai, candawara pendidikan, lomba tari kreasi, serta ada lomba hadrah,” ujar Tina.

Di Pasar Lebaran 2024 juga akan ada disediakan layanan penukaran uang pecahan baru dari Bank Indonesia dan BPD DIY, cashback transaksi merchant QRIS Bank BPD DIY, cashback pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Samsat DIY), cek kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, serta perpustakaan keliling dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sleman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement