Sabtu 06 Apr 2024 03:11 WIB

Arus Mudik di Stasiun Daop Surabaya, Jumlah Penumpang Naik Hampir 100 Persen

H-5 Lebaran, keberangkatan penumpang terbanyak di Stasiun Surabaya Gubeng.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Penumpang kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng, Jawa Timur.
Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
(ILUSTRASI) Penumpang kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Sebanyak 25.603 penumpang kereta api (KA) jarak jauh berangkat dari stasiun di wilayah PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya pada arus mudik pada Jumat (5/4/2024) atau H-5 Lebaran. Jumlah penumpang Angkutan Lebaran tersebut meningkat hampir 100 persen dibandingkan rata-rata pada hari biasa.

“Jumlah penumpang KA jarak jauh di luar masa Angkutan Lebaran, kalau weekday, antara 11 ribu hingga 13 ribu penumpang per hari. Sedangkan weekend berkisar antara 14 ribu hingga 15 ribu per hari,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif.

Baca Juga

Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, jumlah penumpang KA jarak jauh pada H-Lebaran kali ini disebut meningkat sekitar 60 persen. Tahun lalu, jumlah penumpang tercatat 16.507 orang.

Luqman menjelaskan, dari 25.603 penumpang yang berangkat pada H-5 Lebaran ini, paling banyak dari Stasiun Surabaya Gubeng, dengan 9.280 penumpang. Kemudian Stasiun Surabaya Pasar Turi 7.613 penumpang dan yang berangkat dari Stasiun Malang 4.951 penumpang.

Mayoritas penumpang pada H-Lebaran ini disebut melakukan perjalanan ke arah Yogyakarta, Semarang, Bandung, Jakarta, serta Jember, dan Banyuwangi.

Adapun jumlah penumpang yang datang ke stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, menurut Luqman, pada H-Lebaran ini tercatat 18.914 orang. Paling banyak turun di Stasiun Surabaya Pasar Turi, sebanyak 5.450 penumpang. Kemudian Stasiun Surabaya Gubeng 5.368 penumpang dan Stasiun Malang 2.370 penumpang.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement