Selasa 23 Apr 2024 15:23 WIB

Pasar Terban Direvitalisasi, Ratusan Pedagang Jualan di Selter Sementara

Selter sementara dilengkapi sejumlah fasilitas.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Selter sementara bagi pedagang.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
(ILUSTRASI) Selter sementara bagi pedagang.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Pasar Terban di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mulai direvitalisasi. Selama proses revitalisasi, pedagang pasar tersebut dipindah ke selter sementara, yang lokasinya berada di Jalan Babaran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Pemindahan pedagang ke selter sementara dilakukan sejak 19 April 2024. Dilaporkan ada 289 pedagang yang difasilitasi di selter sementara itu. Salah satu pedagang yang sudah menempati selter sementara, Suprapti, sudah mulai berjualan. Pedagang unggas tersebut mengaku sejauh ini tidak keberatan berjualan di selter sementara.

Baca Juga

Selain kios untuk pedagang menggunakan rangka besi, di selter sementara juga disediakan sejumlah fasilitas, seperti toilet, sarana air, dan tempat beribadah. “Kondisinya rapi dan bersih, ada pos jaganya juga. Jadi, insyaallah, aman,” kata Suprapti, sebagaimana dilansir Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Senin (22/4/2024).

Pedagang lainnya, Nanang Hermawan, menyebut kios di selter sementara lebih kecil dibandingkan yang ditempatinya di Pasar Terban. Meski demikian, kata dia, fasilitas di selter sementara terbilang lengkap.

“Terutama masalah akses air bersih. Di sini air lancar, jadi kalau mau cuci-cuci gampang. Kondisi selter juga bersih, bahkan lebih bersih daripada kondisi di Pasar Terban,” kata Nanang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement