Senin 06 May 2024 16:31 WIB

Asrama Haji Donohudan Bersiap Layani Calhaj Asal Jateng dan DIY Mulai 11 Mei

Terdata 35.977 calhaj yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Solo.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Asrama Haji Donohudan di Boyolali, Jawa Tengah
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
(ILUSTRASI) Asrama Haji Donohudan di Boyolali, Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI — Asrama Haji Donohudan (AHD) di Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), dipersiapkan untuk pelayanan calon jamaah haji (calhaj) asal Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun ini. AHD disiapkan untuk calhaj yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Solo, Bandara Adi Soemarmo, mulai 12 Mei hingga 9 Juni 2024.

Kepala Unit Pengelola AHD Dyah Sri Marwati mengatakan, dalam menyambut calhaj, pembenahan dan perawatan dilakukan di AHD, seperti pemeliharaan gedung dan sarana prasarana yang ada di asrama. Menurut dia, persiapan gedung untuk menampung calhaj sudah sekitar 95 persen. Diharapkan semuanya sudah siap H-6 pemberangkatan calhaj.

Baca Juga

Menurut Dyah, tahun lalu calhaj yang masuk ke AHD sebanyak 95 kelompok terbang (kloter). Adapun tahun ini meningkat menjadi 100 kloter. Rombongan pertama calhaj yang masuk AHD dijadwalkan pada 11 Mei 2024. Pengaturan untuk tempat calhaj dilakukan agar semuanya dapat terlayani.

Dyah mencontohkan di Gedung Mekkah, yang terdiri atas tiga lantai. “Masing-masing lantai di Gedung Mekkah Asrama Haji Donohudan dapat diisi jamaah calon haji sebanyak 385 orang. Jadi, Gedung Mekkah akan diisi sebanyak 1.155 orang,” kata dia, Senin (6/5/2024).

Adapun Gedung Madinah, menurut Dyah, biasanya satu lantai disiapkan untuk menampung calhaj, satu lantai untuk satgas, dan satu lantai lainnya untuk Petugas Haji Daerah (PHD) bersama Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Namun, kata dia, berdasarkan informasi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jateng, pada hari pertama ada lima kloter calhaj yang akan masuk AHD. Karena itu, Gedung Madinah akan diprioritaskan dulu untuk calhaj.

“Asumsinya untuk Gedung Madinah dua lantai itu khusus untuk calon haji dan satu lantai untuk PHD atau PPIH. Sedangkan untuk satgas haji akan disiapkan gedung lainnya, yakni Sava dan Balai Sava,” kata Dyah.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jateng, Fitriyanto, mengatakan, jumlah calhaj asal Jateng dan DIY yang bakal diberangkatkan melalui Embarkasi Solo terdata sebanyak 35.977 orang, yang terbagi dalam 100 kloter.

Calhaj kloter pertama yang masuk ke AHD pada 11 Mei 2024 berasal dari Kabupaten Temanggung, Jateng, sebanyak dua kloter, dan dari Kabupaten Magelang, Jateng, sebanyak tiga kloter. Lima kloter calhaj itu dijadwalkan diberangkatkan ke tanah suci pada 12 Mei 2024.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement