Selasa 23 Jul 2024 14:33 WIB

Selain Gunung Gede, Gunung Merbabu Juga Diselimuti Salju

Suhu di Gunung Merbabu mulai dari 0 sampai 5 derajat.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Karta Raharja Ucu
Pengunjung Gunung Merbabu. Selain Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat, suhu dingin juga terjadi di Gunung Merbabu.
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Pengunjung Gunung Merbabu. Selain Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat, suhu dingin juga terjadi di Gunung Merbabu.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Fenomena cuaca dingin masih terjadi dan melanda sejumlah wilayah di Pulau Jawa. Setelah Gunung Gede Pangrango membeku, Gunung Merbabu juga dilaporkan diselimuti salju. Suhu di gunung yang memiliki ketinggian 3.245 MDPL itu mulai dari 0--5 derajat celcius sehingga menimbulkan embun beku.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) meminta para wisatawan menyiapkan diri sebelum mendaki gunung merbabu akibat fenomena bediding atau suhu dingin. Plt Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Nurpana Sulaksono mengatakan di rentang waktu bulan Juli ini pihaknya mencatat suhu dingin mencapai 5 Celcius.

Baca Juga

"Ini terkait suhu dingin dari BMKG sudah dapat kabar ada fenomena angin selatan ke utara menyebabkan kondisi menjadi dingin. Di Merbabu dingin sampai dibawah 5 Celcius kita juga temukan embun beku di pertengahan. Kalau suhu dingin sejak awal Juli sampai," kata Nurpana ketika dihubungi Selasa (23/7/2024).

Ia pun mengimbau para wisatawan menyiapkan peralatan dan obat-obatan sebelum mendaki Gunung Merbabu. Ia juga meminta agar para pendaki sehat secara fisik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jadi untuk kondisi saat ini lumayan dingin untuk para wisatawan diharapkan harus menjaga diri kondisi fit ketika naik ke Merbabu. Dipastikan membawa melengkapi dengan berbagai peralatan juga obat-obatan itu udah pasti, terus kemudian jaket hangat, kaos tangan, kerpus, sleeping bag, matras semua harus dibawa dan barang ganti juga harus disiapkan itu kena embun atau air maka ada barang ganti," katanya.

Hingga kini, pihaknya mengatakan belum ada laporan terkait pada pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Merbabu. "Beberapa pekan ini belum ada laporan hipotermia karena kami menghimbau kalau keadaan sakit gak fit kami imbau tidak naik dan memastikan perlengkapan yang di bawa lengkap," katanya.

Sebelumnya Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat dilaporkan bersalju...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement