Selasa 23 Nov 2021 13:33 WIB

Yogya Siap Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Tapi Juknis Belum Ada

Pemkot Yogyakarta masih tunggu petunjuk teknis (Juknis) vaksinasi anak 6-11 tahun.

Rep: Silvy Dian Setiawan, Dian Fath Risalah/ Red: Bayu Hermawan
Vaksinasi anak 6-11 tahun (ilustrasi)
Foto:

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy secara tegas mendorong pelaksanaan pemberian vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun. 

"Meskipun keputusan dan kewenangan itu memang berada di kementerian teknis, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun perlu terutama di daerah-daerah yang rawan penularan dan penyebaran Covid-19," ujar Menko PMK di Jakarta, Rabu (17/11).

Menurutnya, vaksinasi anak usia 6-11 tahun atau di rentang usia sekolah dasar juga sangat penting untuk meminimalisir perasaan was-was para orang tua. Apalagi, pembelajaran tatap muka di sekolah sudah mulai dilaksanakan dan anak-anak rentan beraktivitas di luar rumah.

"Kami realistis saja, tidak mungkin anak dikekang terus-menerus diam di rumah. Mengenai keamanan vaksin, BPOM sudah mengeluarkan izin vaksin untuk anak 6-11 tahun. Jadi insya Allah aman," ucap mantan Mendikbud tersebut.

Sementara Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, memastikan sampai saat ini belum memulai vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Pemerintah masih memprioritaskan vaksinasi bagi kelompok dewasa yang berisiko, seperti lansia. 

"Kalau sampai saat ini kami belum memulai vaksinasi untuk anak 6-11 tahun," kata Nadia kepada Republika.co.id, Senin (15/11).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement