Selasa 10 Jan 2023 09:07 WIB

Upaya Penurunan Kemiskinan Brebes Fokus Lima Kecamatan

Saat ini ada sekitar 290 ribu orang masuk kategori miskin.

Kemiskinan, ilustrasi
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Kemiskinan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, diminta dapat fokus pada lima kecamatan. Kelima kecamatan yang angka kemiskinannya masih tinggi itu adalah Kecamatan Losari, Kecamatan Ketanggungan, Kecamatan Larangan, Kecamatan Bulakamba, dan Kecamatan Bantarkawung.

“Bu Idza dengan Pak Narjo kemarin konsepnya sudah bagus, sekarang tinggal melakukan percepatan. Maka saya mintakan udah deh lima kecamatan yang ekstrem itu kami dampingi. Apakah nanti camat, apakah nanti kepala dinas secara khusus," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menyampaikan pengarahan kepada jajaran pejabat di Pendapa Kabupaten Brebes.

Mantan anggota DPR RI itu menekankan pentingnya penurunan angka kemiskinan yang harus didukung dengan data yang valid sehingga verifikasi dan validasi data mutlak dilakukan agar bisa ditentukan masuk kategori ekstrem atau tidak ekstrem

"Maka dengan cara klasifikasi itu harapan kita akan ketahuan ini desil satu dua-nya yang mana, desil tiga empat-nya yang mana. maka treatment-nya akan berbeda-beda, maka itu bisa lebih cepat. Kalau perlu contoh Boyolali yang bagus verifikasi dan validasi datanya," ujarnya.

 

Ia yakin, upaya penurunan angka kemiskinan di Brebes akan semakin mudah dengan kepemimpinan penjabat bupati saat ini. Karena selain tidak ada kepentingan politik, Pemprov Jateng bisa melakukan intervensi.

"Karena Pak Urip (Penjabat Bupati Brebes Urip Sihabudin) ini dari provinsi kan sudah kami tanya gak ada kepentingan politiknya sehingga lebih pada pekerjaan-pekerjaan teknokratis yang tidak akan terganggu dengan urusan-urusan kepentingan politik. Karena beliau birokrat, karir memang dan nanti kami bantu," kata Ganjar.

Penjabat Bupati Brebes Urip Sihabudin mengungkapkan angka kemiskinan di Brebes mengalami penurunan 1,38 persen pada 2022. "Angka kemiskinan di Brebes turun sebesar 1,38 persen dibanding 2021. Tahun lalu angka kemiskinan Brebes jadi 16,05 persen dari sebelumnya 17 persen lebih," ujarnya.

Ia menyebut penurunan angka kemiskinan tersebut merupakan kerja keras dari bupati dan wakil bupati Brebes sebelumnya beserta jajarannya. Oleh karena itu, pihaknya melanjutkan program yang sudah berjalan dan semakin ditingkatkan agar penurunan angka kemiskinan di  Brebes bisa optimal.

"Dari data kami, saat ini ada sekitar 290 ribu orang yang masuk kategori miskin. Dari data itu kita verifikasi ulang dan menemukan ada 28.395 yang masuk kategori kemiskinan ekstrem. Itu yang akan kami genjot untuk sasarannya," kata dia

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement