Selasa 10 Jan 2023 09:25 WIB

Penanganan Kemiskinan Brebes Sasar 28 Ribu Warga Miskin

Angka kemiskinan di Brebes turun 1,38 persen dibanding 2021.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Kemiskinan, ilustrasi
Foto: Pandega/Republika
Kemiskinan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Program penurunan angka kemiskinan yang dilaksanakan di Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah semakin menumbuhkan harapan. Selama 2022, angka kemiskinan di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat ini berkurang hingga 1,38 persen.

"Sebelumnya, Brebes sempat menjadi sorotan karena angka kemiskinan di atas 17 persen lebih," ungkap Penjabat (Pj) Bupati Brebes, Urip Sihabudin, Selasa (10/1/2023).

Penurunan angka di level 1,38 persen, disebutkannya cukup signifikan dan menumbuhkan optimisme program penurunan angka kemiskinan efektif dilakukan.

Angka kemiskinan di Brebes turun 1,38 persen dibanding 2021. Sehingga sampai akhir 2022 angka kemiskinan Brebes tinggal 16,05 persen.

 

Namun begitu, lanjut Urip, di Brebes masih ada sedikitnya lima kecamatan yang masih harus dipertajam lagi program penurunan angka kemiskinannya.

"Ke-lima kecamatan ini meliputi Losari, Ketanggungan, Larangan, Bulakamba, dan Kecamatan  Bantarkawung," jelas mantan kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah ini.

Ia juga mengatakan, penurunan angka kemiskinan ini tidak dapat dilepaskan dari kerja keras dari bupati dan wakil bupati Brebes sebelumnya serta jajaran di Pemkab Brebes.

Untuk itu, selaku pj bupati, ia akan melanjutkan program-program yang sudah berjalan dan berupaya meningkatkan program serta capaian hasilnya.

Berdasarkan data Pemkab Brebes, hingga saat ini ada sekitar 290 ribu jiwa yang masuk kategori miskin dan setelah dilakukan verifikasi ulang menjadi 28.395.

"Ini sudah termasuk mereka yang  kemiskinan ekstrem. Itu yang akan kami genjot untuk sasaran berikutnya di Brebes," tegas Urip.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sepakat lima kecamatan di Brebes perlu mendapatkan perhatian lebih. "Pemprov Jawa Tengah akan mendampingi," tegasnya.

Oleh karena itu, gubernur yakin, upaya penurunan angka kemiskinan di Brebes akan semakin mudah dengan kepemimpinan pj bupati saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement